Evakuasi Korban Kecelakaan Heli Kapolda Jambi Terkendala Kabut Tebal

  • Share

Satu unit helikopter yang dikerahkan untuk mengevakuasi delapan orang rombongan Polda Jambi mengalami kendala hamparan kabut tebal. Helikopter itu tidak bisa berhenti di udara untuk menurunkan tim SAR gabungan.

“Sekitar jam 09.00 WIB, tim sudah sampai di lokasi sekitar melalui jalur udara. Tim yang berada di lokasi kejadian itu mengalami kendala kabut yang cukup besar dan tebal, sehingga tidak bisa melakukan hovering untuk penurunan personel,” ujar Humas Basarnas Jambi, Lutfi, Senin (20/2).

Tim SAR yang berada di helikopter itu pun kembali ke Bangko, Merangin, sembari mengisi bahan bakar. Sementara itu, tim SAR yang melalui jalur darat sedang mendekat.

“Tim dari darat itu terdengar suara. Kemungkinan jarak sudah dekat sampai 300 meter. Kita masih menunggu informasi selanjutnya,” ujarnya.

Walaupun tim SAR belum sampai ke lokasi, namun bantuan logistik sudah sampai ke para korban kecelakaan itu.

Penyaluran logistik ini menggunakan helikopter dari Polda Sumatera Selatan. Setelah logistik disalurkan, heli tersebut kembali ke Jambi untuk mengambil perlengkapan.

“Ada makanan, obat-obatan, selimut dan power bank,” ujar Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto, Senin (20/2) pagi.

Seluruh korban selamat dan dalam kondisi sadar. Mereka saat ini masih menunggu evakuasi dari tim SAR gabungan.

“Tadi sudah berkomunikasi lewat handphone, kondisi mereka masih sadar,” kata Mulia.

Helikopter Polda Sumsel akan kembali ke Jambi untuk bergabung dengan helikopter Polairud Bharkam Polri.

“Helikopter tersebut kembali ke sana untuk mengevakuasi Kapolda Jambi dan rombongan,” katanya.

Satu unit Helikopter Polri jenis Super Bell 3001 mendarat darurat di area Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Jambi, Minggu (19/2). Pendaratan darurat ini diduga karena cuaca buruk.

Helikopter tersebut ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Direktur Reskrimum Polda JambiKombes Pol Andri Ananta Yudistira, Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Polda Jambi Kompol Ayani, dan ADC Kapolda Jambi, serta 3 orang kru.

Kendaraan tersebut berangkat sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka berencana mendatangi peresmian gedung SPKT di Kerinci.

Di tengah perjalanan, sekitar pukul 10.30 WIB, barulah helikopter ini mendarat darurat di area perbukitan.

Tidak ada korban jiwa pasca pendaratan darurat. Semua penumpang selamat. Namun, para penumpang helikopter itu mengalami luka-luka.

Sumber Berita : CNN Indonesia

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *