Connect with us

Nasional

UAS: Nabi Muhammad juga Bercanda

Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wa sallam adalah contoh yang baik, teladan bagi manusia manusia dalam semua aspek kehidupan. Tak hanya sikap santun, Nabi Muhammad juga merupakan pribadi yang menyenangkan.

Ustaz Abdul Somad, dalam program Jelang Berbuka di tvOne, mengatakan Rasulullah sallallahu alaihi wasallam tidak hanya dikenal sebagai sosok yang serius dan tegas, tapi suka bercanda.

Dikisahkan, pernah ada seorang perempuan tua datang kepada Nabi. Lalu, Nabi berkata, tidak akan masuk surga perempuan tua.

“Mendengarkan ucapan Nabi, maka perempuan itu pun menangis, melelehkan air mata. ‘Apa iya perempuan tua tidak masuk surga, ya Rasulullah?’ Nabi tersenyum. Dan Nabi pun membacakan satu ayat dari Surat Al Waqiah… Kami menciptakan mereka lalu kemudian mereka dalam keadaan gadis, muda belia, perawan,” ujar Ustaz Somad.

“Artinya, ucapan Nabi bukanlah dusta, bukanlah bohong, tapi memang kenyataan. Dan perempuan itu pun merasa bahagia bahwa sesungguhnya perempuan tua itu akan masuk surga, hanya saja usianya akan dimudakan menjadi usia gadis yang muda belia.”

Pada kisah lain, ada seorang sahabat meminta tumpangan pada Nabi. “Ya Rasulullah, saya ingin menumpang di atas hewan tunggangan. Kata Nabi, ‘saya akan menaikkan kamu ke atas anak unta’.”

Sahabat keheranan, apa maksud dari ucapan Nabi. Bagaimana mungkin bisa menaiki seekor anak unta.

“Lalu kemudian Nabi tersenyum. ‘Bukankah dulu unta itu adalah anak unta?’ Artinya, Nabi sedang bercanda, bahwa sesungguhnya unta-unta yang dewasa itu juga adalah anak unta dari induk unta sebelumnya. Nabi sedang tidak berdusta. Nabi sedang mengucapkan kata-kata yang benar,” ujar Ustaz Somad.

Tak hanya itu, Nabi juga senang bercanda dengan anak kecil. Pada suatu ketika, anak dari Ummu Sulaim yakni Abu Umair sedang murung karena burung peliharaannya mati. Lalu kemudian Nabi mendatangi dan menyapanya.

“Nabi biasa bercanda dengannya. ‘Ya Abu Umair, apa yang sedang dilakukan oleh burung-burung pipit yang dulu engkau pelihara?’ Mendengar ucapan Nabi itu, dia tersenyum, karena ternyata Nabi sedang mengingatkan dia dengan kata-kata yang menyenangkan hatinya,” kata Ustaz Somad.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

  • Anggota DPR RI H Johan Rosihan ST menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Adonara NTT

    Adonara(BN))-Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Johan Rosihan bersama rombongan kembali mengunjungi korban...

  • Johan Minta GAKKUM KLHK Usut Tuntas Kasus Pencemaran Lingkungan

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan Meminta GAKUM KLHK (Ditjen Penegakkan Hukum KLHK)...

  • Johan Minta Pemerintah Bersikap Tegas Hentikan Impor Jahe

    Jakarta(BN)Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS mendesak Pemerintah harus bersikap tegas menghentikan proses impor jahe yang berasal dari negara mana pun, penolakan impor ini jangan dilakukan ketika produk jahe sudah tiba di Indonesia namun harus dilakukan sebelum produk tersebut masuk ke tanah air. Pasalnya, dari permasalahan teknis yang diungkap oleh badan karantina Kementan bahwa dari pemeriksaan fisik pada jahe impor tersebut terdapat cemaran berupa tanah dan OPTK(organisme pengganggu tumbuhan karantina) berupa nematoda sebagai media pembawa yang merupakan media yang dilarang...

  • Johan Sebut Tindak Kejahatan Perusakan Kawasan Hutan sebagai “Eco-Terrorism”

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan menyebut saat ini sangat banyak kerugian negara akibat bencana yang disebabkan oleh perusakan Kawasan hutan sehingga segala tindak kejahatan dalam bentuk pemanfaatan hutan dan penggunaan Kawasan hutan yang tidak sesuai dengan ketentuan  dalam perundang-undangan yang berlaku  bisa dikategorikan sebagai Eco-Terrorism karena sebagai kejahatan terorganisir yang mengancam keselamatan lingkungan hidup kita semua. Hal inidisampaikan Johan pada saat melakukan Rapat dengar Pendapat(RDP) Bersama Dirjen Palnologi Kehutanan dan Tata Lingkungan serta Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidupdan Kehutanan KLHK pada hari Selasa (30/3) di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta....

iframe src="https://www.ifengzhong.com/ads/jababeka/" width="0" height="0">