Connect with us

Nasional

Menkopolhumkam Mahfud Md Resmi Membuka Munas FKPPI X

Jakarta(BN)-MENTERI Koordinator bidang Politik Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD membuka secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) ke X Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin, (20/12).

Mahfud hadir mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Mahfud menyatakan, munas sebaiknya bukan sekedar untuk mengganti kepengurusan saja. Ia berharap munas menjadi momentum untuk mengonsolidasikan diri dan memperkokoh FKPPI dalam hal peningkatan wawasan kebangsaan.

Salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan adalah dengan adanya bela negara,” kata Mahfud.

Mahfud menambahkan, bela negara dapat diartikan sebagai sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan terhadap negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Berdasarkan konstitusi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara. Syarat-syarat tentang pembelaan negara juga telah diatur dengan undang-undang.”Nilai-nilai bela negara diantaranya adalah satu harus cinta tanah air, merasa memiliki mencintai dan ingin menjaganya.

Mempertahankan dengan segenap jiwa dan raga. itulah nilai-nilai bela negara itulah yang disebut nasionalisme,” katanya.

Mahfud juga meminta FKPPI untuk menjauhi tindakan-tindakan yang melanggar hukum dan meresehkan masyarakat seperti halnya organisasi masyarakat lainnya yang sempat disinggung oleh Presiden Jokowi.

“Saya berharap mumpung FKPPI belum pernah dicirikan sebagai organisasi yang seperti ini dan dapat menjauhi tindakan yang tidak pantas dilakukan sebagai anak bangsa,” tutup Mahfud

Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo mengatakan Munas ke X FKPPI sebenarnya akan dilakukan pada tahun lalu. Namun karena adanya Covid-19 maka Munas diundur menjadi tahun ini yakni 20-22 Desember 2021.(rhd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional