Mengenang Presiden Indonesia Pertama Ir.Soekarno sang Proklamator

  • Share

BeritaNusantara.Lampung

Dr. Ir. H. Soekarno, seorang tokoh politik dengan peran sentral dalam Revolusi Nasional Indonesia, menandai sejarah bangsa sebagai Presiden Republik Indonesia pertama. Dilahirkan pada 6 Juni 1901, Soekarno memimpin Indonesia dari tahun 1945 hingga 1967. Bersama Mohammad Hatta, beliau mengukir momentum epik dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, mengakhiri era penjajahan yang panjang.

pupuk organik Cair Kemilau Buat pertanian dan Budi daya Udang

Sebagai arsitek kemerdekaan, Soekarno dikenal karena karismanya, orasi-inspirasinya, dan pemikiran nasionalisnya yang mendalam. Visinya mencakup konsep “Nasakom” (Nasionalisme, Agama, dan Komunisme), yang diharapkan dapat menyatukan keragaman Indonesia. Meskipun mendapat tantangan besar, terutama selama periode konfrontasi dengan Malaysia dan peristiwa G30S/PKI pada 1965, kepemimpinan Soekarno mempertahankan keutuhan negara.

Namun, pada tahun 1967, Soekarno menghadapi tekanan politik dan akhirnya digantikan oleh Soeharto setelah “Supersemar” dikeluarkan. Meski terjadi transisi kekuasaan yang kontroversial, warisan Soekarno tetap monumental. Ia dikenang sebagai founding father yang memberikan fondasi kuat bagi bangsa Indonesia, serta sebagai tokoh yang menginspirasi perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Keberanian dan keteguhan Soekarno tetap bersinar dalam sejarah Indonesia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *