Connect with us

Teknologi

Kapolri Launching Binmas Online System

Jakarta(BN) – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi meluncurkan Binmas Online System (BOS) yang merupakan aplikasi layanan Polri terkait Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas)

“Kami baru saja melaksanakan kegiatan launching dari program Binmas Online System (BOS) yang hari ini dilaunching oleh jajaran Baharkam Polri, khususnya rekan-rekan dari Korpbinmas,” kata Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan secara virtual usai melaunching aplikasi BOS, Rabu (5/5/2021).

Kapolri menjelaskan, Binmas Online Systemmerupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan atau digunakan baik secara internal ataupun eksternal.

Aplikasi BOS dapat diakses oleh masyarakat yang memerlukan pelayanan Polri. Khususnya Bhabinkamtibmas melalui Aplikasi Binmas Aparat yang dapat di Download di Play Store.

“Internal adalah bagaimana aplikasi ini digunakan untuk membuat laporan terkait dengan kegiatan-kegiatan Bhabinkamtibmas yang ada di sektor Polisi terdepan di tingkat desa,” ujar dia.

Dengan begitu, terang Kapolri, seluruh informasi yang ada bisa terlapor ke pusat. Sehingga bisa disatukan dalam satu sistem big data, yang selanjutnya dapat dilakukan prediksi- prediksi oleh bidang intelijen.

“Sehingga kita bisa melakukan perkiraan-perkiraan terkait dengan masalah- masalah gangguan kamtibmas yang akan terjadi,” jelas dia.

Kapolri berharap, aplikasi bisa mendukung upaya untuk melaksanakan program kepolisian yang prediktif.

Menurut dia, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berinteraksi dan mendapatkan informasi, serta memberikan laporan terkait kamtibmas.

“Kedepan ini akan kita integrasikan dengan kementerian dan lembaga yang lain, sehingga ini menjadi suatu sistem aplikasi informasi pelayanan yang terintegrasi,” kata Kapolri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi