Connect with us

Nasional

Festival Pencak Silat Betawi 2019 Resmi Dibuka

BeritaNusantara – Jakarta, Sabtu 20 April 2019, Bertempat di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Festival Pencak Silat Betawi 2019 resmi dibuka. Kegiatan ini merupakan inisiasi Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) DKI bersama ASTRABI (Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia) sebagai upaya melestarikan pencak silat Betawi hingga kancah internasional.

Seni pencak silat di Indonesia sendiri berkembang cukup pesat, tercatat ada sebanyak 680 aliran silat yang tersebar di tanah air yang mana lebih dari separuhnya lahir di Jakarta (Betawi).

Ditemui disela-sela kegiatan tersebut, Ketua Umum ASTRABI Anwar Al Batawi menjelaskan, kegiatan Festival Pencak Silat Betawi 2019 ini sendiri bertujuan melestarikan dan mengembangkan silat tradisi serta mengakomodir berbagai perguruan silat agar lebih profesional sehingga budaya pencak silat ini lebih dikenal sampai kancah internasional, selain itu juga menjamin kesejahteraan para pengajar sebagai pejuang pelestarian budaya silat.

“Kami berharap kepada sipapun atau khususnya masyarakat Betawi yang mempelajari silat Betawi ini mampu membawanya sampai tingkat yang lebih tinggi yakni tingkat internasional. Tak hanya dalam konteks budaya, tapi juga dalam konteks olahraga prestasi,”  ungkap Anwar.

Sejalan dengan Anwar, mewakili pihak Pemprov DKI, Kadispora DKI M. Firdaus dalam kesempatan yang sama turut menambahkan, “Kegiatan ini merupakan upaya pemda DKI bersama ASTRABI melestarikan kebudayaan silat Betawi yang telah melegenda. Silaturahmi ini harus kedepan harus lebih ditingkatkan lagi dan akan terus digelar setiap tahunnya,” ungkap Firdaus.

Festival Pencak Silat Betawi 2019 ini sendiri bakal berlangsung selama 2 hari, yakni 20-21 April 2019 mendatang. Dimana memperlomabakan silat Betawi kategori SD, SMP, dan Umum. Para pemenang nantinya akan terus mendapatkan pembinaan hingga sampai tujuan akhir dari tradisi ke prestasi, yakni membawa silat Betawi hingga ke kancah global melalui sejumlah kejuaraan.

 

 

 

Linda.R

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

  • Anggota DPR RI H Johan Rosihan ST menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Adonara NTT

    Adonara(BN))-Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Johan Rosihan bersama rombongan kembali mengunjungi korban...

  • Johan Minta GAKKUM KLHK Usut Tuntas Kasus Pencemaran Lingkungan

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan Meminta GAKUM KLHK (Ditjen Penegakkan Hukum KLHK)...

  • Johan Minta Pemerintah Bersikap Tegas Hentikan Impor Jahe

    Jakarta(BN)Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS mendesak Pemerintah harus bersikap tegas menghentikan proses impor jahe yang berasal dari negara mana pun, penolakan impor ini jangan dilakukan ketika produk jahe sudah tiba di Indonesia namun harus dilakukan sebelum produk tersebut masuk ke tanah air. Pasalnya, dari permasalahan teknis yang diungkap oleh badan karantina Kementan bahwa dari pemeriksaan fisik pada jahe impor tersebut terdapat cemaran berupa tanah dan OPTK(organisme pengganggu tumbuhan karantina) berupa nematoda sebagai media pembawa yang merupakan media yang dilarang...

  • Johan Sebut Tindak Kejahatan Perusakan Kawasan Hutan sebagai “Eco-Terrorism”

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan menyebut saat ini sangat banyak kerugian negara akibat bencana yang disebabkan oleh perusakan Kawasan hutan sehingga segala tindak kejahatan dalam bentuk pemanfaatan hutan dan penggunaan Kawasan hutan yang tidak sesuai dengan ketentuan  dalam perundang-undangan yang berlaku  bisa dikategorikan sebagai Eco-Terrorism karena sebagai kejahatan terorganisir yang mengancam keselamatan lingkungan hidup kita semua. Hal inidisampaikan Johan pada saat melakukan Rapat dengar Pendapat(RDP) Bersama Dirjen Palnologi Kehutanan dan Tata Lingkungan serta Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidupdan Kehutanan KLHK pada hari Selasa (30/3) di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta....

iframe src="https://www.ifengzhong.com/ads/jababeka/" width="0" height="0">