Connect with us

Nasional

Di Batam terjadi 30-40 kebakaran lahan dalam sebulan

Batam (ANTARA) (ANTARA) – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mencatat telah terjadi 30 hingga 40 kebakaran lahan di penjuru kota dalam sebulan terakhir.
"Sebanyak 90 kebakaran lahan dalam 3 bulan terakhir, dan bulan ini saja, 30 sampai 40 kebakaran," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman di Batam, Rabu.
Menurut dia, luasan kebakaran lahan itu sebagian besar relatif kecil sehingga dapat ditangani dengan baik oleh armada pemadam kebakaran.
Namun memang, kata dia melanjutkan, beberapa kebakaran terjadi di lokasi yang sulit dijangkau kendaraan, sehingga penanganannya relatif sulit.
Untuk daerah yang sulit terjangkau itu, Dinas Pemadam Kebakaarn hanya memantau, demi memastikan api tidak membesar dan merembet ke kawasan pemukiman.
Sampai saat ini, Pemkot Batam belum akan meminta bantuan Kementerian Lingkungan Hidup untuk memadamkan api menggunakan helikopter, karena semua kasus kebakaran lahan masih bisa ditangani sendiri.
Ia meminta masyarakat untuk menghindari aktivitas membakar sampah, juga tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bisa memicu kebakaran pada lahan yang kering.
Baca juga: 40 ha hutan lindung di Batam terbakar
Baca juga: Kualitas udara Batam kembali sangat tidak sehat
Baca juga: 20 hektare hutan kawasan wisata Batam terbakar
Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional