Connect with us

Nasional

Di Batam terjadi 30-40 kebakaran lahan dalam sebulan

Batam (ANTARA) (ANTARA) – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mencatat telah terjadi 30 hingga 40 kebakaran lahan di penjuru kota dalam sebulan terakhir.
"Sebanyak 90 kebakaran lahan dalam 3 bulan terakhir, dan bulan ini saja, 30 sampai 40 kebakaran," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman di Batam, Rabu.
Menurut dia, luasan kebakaran lahan itu sebagian besar relatif kecil sehingga dapat ditangani dengan baik oleh armada pemadam kebakaran.
Namun memang, kata dia melanjutkan, beberapa kebakaran terjadi di lokasi yang sulit dijangkau kendaraan, sehingga penanganannya relatif sulit.
Untuk daerah yang sulit terjangkau itu, Dinas Pemadam Kebakaarn hanya memantau, demi memastikan api tidak membesar dan merembet ke kawasan pemukiman.
Sampai saat ini, Pemkot Batam belum akan meminta bantuan Kementerian Lingkungan Hidup untuk memadamkan api menggunakan helikopter, karena semua kasus kebakaran lahan masih bisa ditangani sendiri.
Ia meminta masyarakat untuk menghindari aktivitas membakar sampah, juga tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bisa memicu kebakaran pada lahan yang kering.
Baca juga: 40 ha hutan lindung di Batam terbakar
Baca juga: Kualitas udara Batam kembali sangat tidak sehat
Baca juga: 20 hektare hutan kawasan wisata Batam terbakar
Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

  • Anggota DPR RI H Johan Rosihan ST menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Adonara NTT

    Adonara(BN))-Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Johan Rosihan bersama rombongan kembali mengunjungi korban...

  • Johan Minta GAKKUM KLHK Usut Tuntas Kasus Pencemaran Lingkungan

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan Meminta GAKUM KLHK (Ditjen Penegakkan Hukum KLHK)...

  • Johan Minta Pemerintah Bersikap Tegas Hentikan Impor Jahe

    Jakarta(BN)Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS mendesak Pemerintah harus bersikap tegas menghentikan proses impor jahe yang berasal dari negara mana pun, penolakan impor ini jangan dilakukan ketika produk jahe sudah tiba di Indonesia namun harus dilakukan sebelum produk tersebut masuk ke tanah air. Pasalnya, dari permasalahan teknis yang diungkap oleh badan karantina Kementan bahwa dari pemeriksaan fisik pada jahe impor tersebut terdapat cemaran berupa tanah dan OPTK(organisme pengganggu tumbuhan karantina) berupa nematoda sebagai media pembawa yang merupakan media yang dilarang...

  • Johan Sebut Tindak Kejahatan Perusakan Kawasan Hutan sebagai “Eco-Terrorism”

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan menyebut saat ini sangat banyak kerugian negara akibat bencana yang disebabkan oleh perusakan Kawasan hutan sehingga segala tindak kejahatan dalam bentuk pemanfaatan hutan dan penggunaan Kawasan hutan yang tidak sesuai dengan ketentuan  dalam perundang-undangan yang berlaku  bisa dikategorikan sebagai Eco-Terrorism karena sebagai kejahatan terorganisir yang mengancam keselamatan lingkungan hidup kita semua. Hal inidisampaikan Johan pada saat melakukan Rapat dengar Pendapat(RDP) Bersama Dirjen Palnologi Kehutanan dan Tata Lingkungan serta Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidupdan Kehutanan KLHK pada hari Selasa (30/3) di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta....

iframe src="https://www.ifengzhong.com/ads/jababeka/" width="0" height="0">