BPPOM Dan PEMPROF Lampung sidak Supermaket jelang Natal dan th Baru

  • Share

BERITANUSANRA-Pemerintah Provinsi Lampung, bekerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat Makanan (BPPOM), melaksanakan inspeksi mendadak di Supermarket Chandra Superstore Tanjung Karang Bandar Lampung pada Senin (11/12/2023). Sidak ini bertujuan untuk memastikan keamanan pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Tim gabungan melakukan pemeriksaan menyeluruh dengan membuka salah satu parsel, mengecek kemasan, label, izin edar, dan tanggal kadaluarsa setiap produk makanan. Sidak juga melibatkan pengujian PSAT menggunakan uji cepat, seperti residu pestisida pada sayuran, formalin pada buah, dan pengecekan pH pada bahan pangan segar asal hewan.

Ketua Tim terpadu Jejaring Keamanan Pangan Daerah Provinsi Lampung, Bani Ispriyanto, menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menjamin keamanan pangan segar dan olahan serta ketersediaan stok yang akan dikonsumsi oleh masyarakat.

Hasil sidak menunjukkan bahwa Supermarket Chandra memperoleh hasil negatif dari berbagai pengujian bahan kimia berbahaya, termasuk formalin, boraks, bahan pewarna, dan residu pestisida. Artinya, semua bahan pangan yang dijual di supermarket tersebut aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *