Connect with us

Politik

Prabowo dan Megawati Resmikan Patung Soekarno

Jakarta(BN) — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri meresmikan patung bung karno di depan gedung Kementerian Pertahanan, Minggu (6/6).

Prabowo mengatakan patung tersebut dibuat untuk mengenang momen Sukarno saat menjadi inspektur upacara dalam Hari Angkatan Perang pertama, 5 Oktober 1946 silam. Sukarno sebagai panglima tertinggi pertama di Indonesia memimpin upacara tersebut dengan menunggang kuda.

“Karena itulah Kementerian Pertahanan merasa bangga untuk membuat patung di mana panglima tertinggi kita pertama di atas kuda,” ungkap Prabowo dalam peresmian patung Bung Karno disiarkan kanal Youtube PDI Perjuangan, Minggu (6/6).

Prabowo mengatakan peresmian patung tersebut juga bertepatan dengan hari lahir Sukarno. Proklamator kemerdekaan itu lahir pada 6 Juni 1901 di Peneleh, Surabaya.

Peresmian itu diwakili oleh sejumlah keluarga besar Soekarno. Megawati sebagai salah satu perwakilan keluarga mengapresiasi Kemenhan atas pendirian patung Bung Karno naik kuda.

“Atas nama pribadi dan keluarga besar Bung Karno saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada bapak Menhan Prabowo dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini,” ucap Megawati.

Mega juga mengenang momen bersejarah di balik patung tersebut. Saat itu, ia diceritakan oleh ibu-nya Fatmawati bahwa Sukarno awalnya tidak bisa menunggang kuda.

Namun, demi memimpin upacara itu, Sukarno minta dicarikan kuda yang jinak dan belajar menungganginya.

“Jadi tidak ada saya bayangkan mendengar cerita ibu saya itu bagaimana seorang panglima tertinggi kudanya itu jinak,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik