PB PERCASI Selenggarakan Turnamen Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023

  • Share

Jakarta(BN)– Indonesia melalui PB Percasi kembali diberi kepercayaan menyelenggarakan sebuah turnamen catur internasional yang sangat penting  bertajuk ‘Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023’.

Turnamen ini sangat penting karena melalui kejuaraan inilah para pecatur di Zona 3.3 akan bersaing untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia Catur 2023 yang akan diselenggarakan pada Juli-Agustus 2023 di Baku, Azerbaijan.

“Tersedia tiga tiket untuk berlaga di Piala Dunia. Dua tiket untuk juara dan runner-up di kelompok Open (putra) dan satu tiket untuk juara di kelompok Women (putri),” ungkap Ketua Panitia Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023, dr Dwi Hatmisari Ambarukmi (dr Poeng).

Tercatat sebanyak 58 peserta dari 9 negara (Malaysia, Thailand, Mongolia, Singapura, Taipei, Vietnam, Indonesia, Hongkong, dan Filipina) akan bertanding selama sepekan, mulai tanggal 5 hingga 13  Mei 2023 di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan tim dengan jumlah pemain terbanyak 20 pecatur yang terdiri dari 12 pecatur putra dan 8 pecatur putri. Sementara Vietnam berada di urutan kedua dengan 15 pecatur (6 putra dan 9 putri), disusul Mongolia yang mengirimkan 9 pemainnya (6 putra dan 3 putri).

Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia yang juga Ketua Umum PB PERCASI, GM  Utut Adianto merasa bangga, Indonesia kembali dapat menyelenggarakan turnamen catur bergengsi seperti ini.

Tahun lalu, Indonesia menyelenggaran Asian Youth Chess Championship di Bali, dan mendapat penghargaan sebagai ‘Event of The Year 2022’ pada Asian Chess Summit 2023 bulan Maret lalu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

“Selama ini Indonesia selalu menjadi tuan rumah yang luar biasa, karena mampu memberikan yang terbaik. Dan, saya berharap turnamen kali ini tak hanya bersinar karena penyelenggaraannya, tetapi juga dapat melahirkan pemain-pemain yang akan menjadikan Zona 3.3 menjadi kekuatan yang diperhitungkan di skala global,” ujar Utut.

Asian Zona 3.3 Open & Women Chess Championship 2023 ini menggunakan sistem Swiss 9 babak, serta menerapkan aturan (regulations) yang ketat sesuai turnamen catur internasional pada umumnya.

Tak hanya itu, kejuaraan ini pun sangat bergengsi karena menyediakan hadiah  9000 USD untuk kategori Open (putra) dan 6000 USD untuk kategori Women (putri).

Catatan

Zona 3.3 Asia terdiri dari 17 negara anggota FIDE yaitu negara ASEAN (Brunai Darussalam, Filipina,  Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam) ditambah Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Taiwan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *