Memperkuat Citra, KAI Bina Relasi Lewat Komunitas

  • Share

Jakarta(BN)-PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus memperkuat citranya. Salah satunya dengan membina relasi dengan komunitas seputar kereta api.

Vice President Passenger Marketing KAI Gotro Nur Riyadi mengatakan banyak peran positif dari para komunitas pencinta kereta api terhadap reputasi merek. Komunitas pencinta kereta api atau yang lumrah disebut railfans ini jamak jumlahnya,seperti Komunitas Edan Sepoer dan Indonesian Railway Preservation Society.

Gotro menyebut komunitas para pencinta kereta api ini tumbuh secara organik, alias murni karena ketertarikan seseorang terhadap angkutan transportasi tersebut.

Karenanya, KAI pun merespons positif terhadap terbentuknya komunitas-komunitas ini.

“Sedikit banyaknya kami sangat terbantu karena mereka ikut memasarkan kereta api. Enggak cuma kereta api dan lain-lain, contohnya KAI Access dan lain-lain, mereka sangat familier dengan itu,” ujar Gotro dalam ajang tahunan Jakarta Marketing Week 2023, di Kota Kasablanka, Rabu (14/6/2023).

Gotro menambahkan , para komunitas berperan banyak dalam advokasi tidak hanya satu produk saja, namun layanan perusahaan yang lain. Munculnya komunitas ini juga membantu perusahaan tak sekadar advokasi, namun edukasi produk terhadap pelanggan maupun calon pelanggan lain.

Tumbuhnya kolaborasi keduanya terbangun di atas simbiosis mutualisme yang rutin dilakukan. Para komunitas yang menjalankan fungsi advokasi ini tak jarang mendapat kesempatan pertama dalam menjajal produk-produk baru perusahaan.

“Kalau ada kereta-kereta baru, kami ajak mereka untuk ikut menikmati. Biar mereka bisa bercerita seperti apa kereta-kereta baru kami,” ucap Gotro.

Selain itu, karena komunitas terbentuk secara organik atas kecintaan terhadap produk perusahaan, tak jarang komunitas juga menjadi captive market bagi perusahaan., hal ini menunjang penjualan tiket KAI, terlebih dibantu advokasi komunitas.

“Alhamdulilah penjualan terbantu secara “lumayan”, tutup Gotro.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *