Connect with us

Ekonomi

Kostum Dayak pedalaman Kotim bakal tampil di Jember Fashion Carnaval

Kemungkinan yang akan kami bawa nanti kostum Dayak pedalaman. Kami ingin memperkenalkan bahwa Kalimantan Tengah, khususnya Sampit, juga mempunyai keunikan tersendiri dari etniknyaSampit (ANTARA) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur sedang mempersiapkan diri mewakili Kalimantan Tengah tampil di kegiatan bergengsi Jember Fashion Carnaval pada 30 Juli hingga 4 Agustus 2019.
"Kemungkinan yang akan kami bawa nanti kostum Dayak pedalaman. Kami ingin memperkenalkan bahwa Kalimantan Tengah, khususnya Sampit, juga mempunyai keunikan tersendiri dari etniknya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur (Kotim), Fajrurrahman di Sampit, Senin.
Jember Fashion Festival merupakan  ajang peragaan busana tahunan dengan cat walk terpanjang mencapai 3,6 kilometer. Kegiatan ini menjadi ajang unjuk kreasi budaya anak bangsa yang dituangkan dalam balutan busana.
Acara tahunan ini sudah mendunia sehingga selalu ditunggu wisatawan asing. Kerap kali perancang busana dari luar negeri juga tidak melewatkan ajang yang dinilai unik karena memadukan tren busana dan budaya.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur akan mengutus dua staf bertolak ke Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Mereka akan meminta informasi dari panitia terkait tema, syarat dan apa saja yang menjadi penilaian dari acara tersebut.
Informasi itu penting agar tim bisa menghasilkan karya terbaik sesuai dengan tema dan penilaian. Kotawaringin Timur ingin tampil maksimal dalam keikutsertaan perdana di ajang Jember Fashion Carnaval.
Fajrurrahman mengaku bangga Kotawaringin Timur dipercaya mewakili Kalimantan Tengah ke ajang bergengsi tersebut. Ini akan menjadi momen penting bagi promosi wisata dan budaya Kalimantan Tengah, khususnya Kotawaringin Timur.
Menurut Fajrurrahman, ini akan menjadi kesempatan berharga bagi Kotawaringin Timur untuk banyak belajar dari pelaksanaan Jember Fashion Carnaval sehingga bisa diterapkan dalam pelaksanaan Sampit Ethnic Carnaval agar lebih menarik minat wisatawan.
"Sehingga dari sana kita tidak hanya belajar tentang penyelenggaraan, tetapi juga kita sedapat mungkin bisa menarik peserta Jember Fashion Carnaval untuk berpartisipasi pada acara kita di sini nanti yaitu Sampit Ethnic Carnival," jelas Fajrurrahman.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan saat menghadiri Festival Budaya Habaring Hurung di Sampit, secara resmi mengumumkan bahwa Kotawaringin Timur diberi kepercayaan besar mewakili Provinsi Kalimantan Tengah dalam event kelas dunia yaitu Jember Fashion Carnaval.
"Kotawaringin Timur dipilih karena memang sudah mampu membuktikan kualitas. Kami melihat sendiri saat Sampit Ethnic Carnaval 2018 lalu. Acaranya sukses dan hasil kreasinya sangat berkualitas," kata Guntur.
Guntur sangat yakin Kotawaringin Timur akan mampu menampilkan karya berkualitas yang tidak kalah dengan peserta dari tuan rumah dan daerah lain. Apalagi, kebudayaan Suku Dayak memiliki keunikan tersendiri sehingga sangat menarik jika dituangkan dalam kreasi busana.
"Saya sangat bangga karena saat Sampit Ethnic Carnival 2018 lalu, perancang busana dan modelnya semua merupakan putra dan putri daerah dan karyanya sangat bagus. Karena itulah pemerintah provinsi tidak ragu memberi kepercayaan kepada Kotawaringin Timur mewakili provinsi ini di Jember Fashion Carnaval 2019," kata Guntur.
 
Pewarta: Kasriadi/Norjani
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi

  • Momentum Hari nelayan, Johan Rosihan: Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan melalui Pemberdayaan Masyarakat Nelayan

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan berharap pemerintah menjadikan Hari Nelayan Nasional pada tanggal 6 April 2021 ini sebagai momentum untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. khususnya melalui pemberdayaan masyarakat nelayan, yang menurut data dari KKP bahwa saat ininelayan kita yang berjumlah 1.459.874 orang merupakan asset nasional untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan menjadi lebih maju dan berjaya sebagai negara maritim. Masih banyak Pekerjaan Rumah (PR)...

  • Johan Nilai Pemerintah Perlu Lakukan Terobosan Baru untuk Mencapai Target Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat

    Jakarta(BN)-Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Johan Rosihan menilai peremajaan kelapa sawit rakyat yang telah berjalan selama 5 tahun ini pencapaiannya sangat jauh dari target yang ditetapkan pemerintah yaitu 2,4 juta hektar kebun kelapa sawit rakyat, maka menurutnya diperlukan sebuah terobosan baru dalam program peremajaan sawit serta harus dilakukan pengawasan khusus kepada BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) terutama dalam menghimpun dan mengembangkan dana sawit untuk peremajaan serta mengevaluasi kinerjanya dalam membantu petani kelapa sawit agar memenuhi syarat sebagai peserta peremajaan dengan pendampingan. Hal tersebut diungkapkan Johan mengingat...

  • Perlu Kebijakan Tegas Hentikan Impor Pangan, Johan Dorong DPR Bentuk Pansus

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan merasa prihatin dengan kebijakan impor pangan yang tidak terkendali, dimana terdapat jutaan ton dari berbagai komoditas pangan yang diimpor negara kita dengan berbagai dalih agar impor tersebut lancar setiap tahun. Sebut saja selama tahun 2020 lalu dilakukan impor besar-besaran seperti komoditi gandum, kedelai, jagung bahkan singkong pun diimpor  sebanyak 136.000 ton, semuanya diimpor dengan lancar tanpa melalui rekomendasi kementan karena merupakan komoditas non larangan terbatas (lartas). Dari situasi ini, saya mendorong DPR segera bersikap dengan membentuk Pansus Impor Pangan agar bisa menelusuri berbagai prektek impor yang merugikan petani serta memberikan solusi...

  • Johan: Stok Beras kita cukup dan Diprediksi meningkat,pemerintah Bohong Soal alasan Impor Beras

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI, H Johan Rosihan, ST meminta pemerintah segera membatalkan rencana...

iframe src="https://www.ifengzhong.com/ads/jababeka/" width="0" height="0">