Connect with us

Ekonomi

Kostum Dayak pedalaman Kotim bakal tampil di Jember Fashion Carnaval

Kemungkinan yang akan kami bawa nanti kostum Dayak pedalaman. Kami ingin memperkenalkan bahwa Kalimantan Tengah, khususnya Sampit, juga mempunyai keunikan tersendiri dari etniknyaSampit (ANTARA) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur sedang mempersiapkan diri mewakili Kalimantan Tengah tampil di kegiatan bergengsi Jember Fashion Carnaval pada 30 Juli hingga 4 Agustus 2019.
"Kemungkinan yang akan kami bawa nanti kostum Dayak pedalaman. Kami ingin memperkenalkan bahwa Kalimantan Tengah, khususnya Sampit, juga mempunyai keunikan tersendiri dari etniknya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur (Kotim), Fajrurrahman di Sampit, Senin.
Jember Fashion Festival merupakan  ajang peragaan busana tahunan dengan cat walk terpanjang mencapai 3,6 kilometer. Kegiatan ini menjadi ajang unjuk kreasi budaya anak bangsa yang dituangkan dalam balutan busana.
Acara tahunan ini sudah mendunia sehingga selalu ditunggu wisatawan asing. Kerap kali perancang busana dari luar negeri juga tidak melewatkan ajang yang dinilai unik karena memadukan tren busana dan budaya.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur akan mengutus dua staf bertolak ke Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Mereka akan meminta informasi dari panitia terkait tema, syarat dan apa saja yang menjadi penilaian dari acara tersebut.
Informasi itu penting agar tim bisa menghasilkan karya terbaik sesuai dengan tema dan penilaian. Kotawaringin Timur ingin tampil maksimal dalam keikutsertaan perdana di ajang Jember Fashion Carnaval.
Fajrurrahman mengaku bangga Kotawaringin Timur dipercaya mewakili Kalimantan Tengah ke ajang bergengsi tersebut. Ini akan menjadi momen penting bagi promosi wisata dan budaya Kalimantan Tengah, khususnya Kotawaringin Timur.
Menurut Fajrurrahman, ini akan menjadi kesempatan berharga bagi Kotawaringin Timur untuk banyak belajar dari pelaksanaan Jember Fashion Carnaval sehingga bisa diterapkan dalam pelaksanaan Sampit Ethnic Carnaval agar lebih menarik minat wisatawan.
"Sehingga dari sana kita tidak hanya belajar tentang penyelenggaraan, tetapi juga kita sedapat mungkin bisa menarik peserta Jember Fashion Carnaval untuk berpartisipasi pada acara kita di sini nanti yaitu Sampit Ethnic Carnival," jelas Fajrurrahman.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan saat menghadiri Festival Budaya Habaring Hurung di Sampit, secara resmi mengumumkan bahwa Kotawaringin Timur diberi kepercayaan besar mewakili Provinsi Kalimantan Tengah dalam event kelas dunia yaitu Jember Fashion Carnaval.
"Kotawaringin Timur dipilih karena memang sudah mampu membuktikan kualitas. Kami melihat sendiri saat Sampit Ethnic Carnaval 2018 lalu. Acaranya sukses dan hasil kreasinya sangat berkualitas," kata Guntur.
Guntur sangat yakin Kotawaringin Timur akan mampu menampilkan karya berkualitas yang tidak kalah dengan peserta dari tuan rumah dan daerah lain. Apalagi, kebudayaan Suku Dayak memiliki keunikan tersendiri sehingga sangat menarik jika dituangkan dalam kreasi busana.
"Saya sangat bangga karena saat Sampit Ethnic Carnival 2018 lalu, perancang busana dan modelnya semua merupakan putra dan putri daerah dan karyanya sangat bagus. Karena itulah pemerintah provinsi tidak ragu memberi kepercayaan kepada Kotawaringin Timur mewakili provinsi ini di Jember Fashion Carnaval 2019," kata Guntur.
 
Pewarta: Kasriadi/Norjani
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi