Jokowi Siap Dukung Gibran dan Kaesang Jika Maju Pilkada Solo

  • Share

BeritaNusantara.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengetahui hasil survei yang menempatkan putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025.

Survei calon wali kota Solo tersebut dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Jokowi mengatakan sebagai orang tua akan mendukung jika kedua putranya memutuskan terjun ke dunia politik dan maju sebagai calon wali kota Solo 2020-2025.

“Orang tua tuh bisanya hanya itu (mendukung). Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apapun (termasuk terjun ke dunia politik). Jualan pisang saya dukung jualan martabak saya dukung,” kata Jokowi di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7).
Lihat juga: Dua Putra Jokowi Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo
Jokowi menyatakan Gibran dan Kaesang merupakan anak-anak yang mandiri. Menurutnya, kedua putranya itu merintis bisnis martabak dan pisang. Ia mengaku tak pernah melarang anak-anaknya mengembangkan potensi.

Mantan wali kota Solo itu juga tak akan melarang mereka bila ingin terjun ke dunia politik. Jokowi meminta agar awak media bertanya langsung kepada Gibran dan Kaesang terkait masuk bursa calon wali kota Solo.

“Saya enggak pernah melarang, mau di politik juga silakan. Enggak tau saya. tanyakan saja ke anaknya langsung,” ujarnya.

Seperti diketahui, survei yang memunculkan dua putra Jokowi dilakukan Unisri di 96 titik lokasi dengan delapan responden di masing-masing titik.

“Jumlah total kuesioner yang kami sebarkan ada 768. Akan tetapi, yang dua tidak bisa dianalisis sehingga dibuang. Jadi, ada 766 yang kami uji sampel dengan margin error 4 persen,” kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Suwardi di Solo, seperti dikutip Antara Kamis (25/7).

Survei tersebut menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Dari kategori popularitas, nama Gibran muncul dengan angka popularitas tertinggi. (CNNIndonesia.com)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *