Festival Indonesia “Pesta Anak Bangsa” Dorong Perkembangan Produk Lokal ke Platform Digital

  • Share

Jakarta (BN) – Festival Indonesia “Pesta Anak Bangsa” resmi dibuka pada Sabtu (8/7), festival yang digelar pada 8-9 Juli 2023 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta tersebut diinisiasi oleh Pemerintah, Pihak Swasta, BUMN, dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

“Festival ini adalah untuk memperkenalkan produk-produk lokal yang memang pilihan sehingga bisa dikenal lebih luas di masyarakat pada umumnya,” ujar Ketua Umum idEA Bima Laga dalam opening ceremony gelaran Festival Indonesia “Pesta Anak Bangsa” di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Gerakan ini merupakan program penyelamatan ekonomi nasional dengan menyasar pelaku usaha lokal, terutama para pelaku UMKM saat pandemi COVID-19.

Festival Indonesia Pesta Anak Bangsa merupakan bentuk aksi nyata Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020.

“Saat ini, kita memasuki era endemi di mana masyarakat ingin melihat produknya tidak hanya di online tapi juga di offline. Maka dari itu idEA bersama dengan kementerian dan pihak swasta mengadakan Festival Indonesia ‘Pesta Anak Bangsa’,” kata Odo Manuhutu¬† selaku Deputi bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia saat meresmikan Festival Indonesia “Pesta Anak Bangsa”, di Plaza Tenggara GBK Senayan Sabtu (8/7), Jakarta.

“Seiring dengan makin banyaknya pelaku UMKM yang merasakan manfaat dari Gernas BB, Festival Indonesia “Pesta Anak Bangsa” pun dihelat untuk semakin memperkenalkan produk-produk UMKM berkualitas karya anak bangsa dan tumbuhnya Ekonomi Digital nasional,” jelas Odo.

Odo menilai saat ini Gernas BBI juga efektif mendorong para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya di platform digital. Hingga Maret 2023, kata dia, sudah 22 juta UMKM yang tercatat on boarding masuk ke ekosistem digital.

Sementara itu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam mengapresiasi atas terselenggaranya festival tersebut.

Dia menilai kegiatan tersebut menjadi bentuk selebrasi dan komitmen nyata Gernas BBI dan idEA untuk mendukung kemajuan UMKM Tanah Air.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses, mari rayakan Festival Indonesia ‘Pesta Anak Bangsa’ ini dengan hadir di sini dan belanja produk-produk karya anak bangsa sendiri,’ ujarnya.

Festival Indonesia “Pesta Anak Bangsa” mengusung konsep One stop Business, Shopping and Entertainment. Festival ini menghadirkan beragam produk UMKM, mulai dari produk fesyen, kerajinan tangan, hingga kuliner.

Festival Indonesia “Pesta Anak Bangsa” menghadirkan lebih dari 170 pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal yang memiliki produk-produk berkualitas serta Tumbuhnya Ekonomi Digital Nasional.

Sebanyak 50 ribu orang ditargetkan mengunjungi festival yang digelar selama dua hari tersebut.

Dalam acara ini semua champion yang sudah terjaring ditampilkan dalam sesi belanja Zona Pulau, karena salah satu inti kegiatan ini adalah champion dibawa ke Festival ini. Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan musik, turnamen gim, serta panggung budaya. (Yns)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *