Survei SETARA Institute: Andika Perkasa Unggul Dalam 4 Dimensi Kepemimpinan Kadindat Panglima TNI

  • Share

Jakarta(BN)- SETARA Institute menyampaikan hasil temuan yang dilakukan pihak internal terkait dengan survei opini ahli tentang kandidat Panglima TNI untuk masa kepemimpinan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Setidaknya ada lima dimensi kepemimpinan yang menjadi tolak ukur untuk para kandidat Panglima TNI, di antaranya Kapabilitas, Integritas, Responsivitas, Akseptabilitas dan Kontinuitas.

Adapun calon kandidat Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yakni Jenderal TNI Andika Perkasa yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Selanjutnya, Laksamana TNI Yudo Margono, kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Marsekal Fadjar Prasetyo, kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU)

Dalam survei yang melibatkan 100 ahli dari berbagai akademisi kampus dan elemen masyarakat sipil (NGO / Ormas) ini sendiri nama Andika Perkasa unggul dari kedua calon lainnya.

Di mana pada dimensi kepemimpinan berdasarkan Integritas, dalam temuan atau survei SETARA Institute, Jenderal TNI Andika Perkasa memiliki nilai rata-rata 7,84.
Angka ini unggul dibandingkan nilai rata-rata Laksamana TNI Yudo Margono (7,83) dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (7,70).
Hasil yang sama juga ditunjukkan pada dimensi kepemimpinan berdasarkan Akseptabilitas.

Di sini (kriteria Akseptabilatas), Jenderal TNI Andika Perkasa mendapat nilai rata-rata 8,04,” kata Peneliti SETARA Institure Ikhsan Yosarie saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Senin (4/10/2021).

Sementara, Laksamana TNI Yudo Margono mendapatkan nilai rata-rata 7,78 dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dengan nilai rata-rata 7,65.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *