2019 Patuna Travel Kantongi Sertifikasi Layanan Mutu Global ISO 9001-2015

Ado Richard Selasa | 08 Januari 2019 | 04:36 WIB
2019 Patuna Travel Kantongi Sertifikasi Layanan Mutu Global ISO 9001-2015
Foto: Istimewa

BeritaNusa - Jakarta, Selasa 8 Januari 2019, genap 1 pekan memasuki tahun 2019, travel penyelenggara ibadah haji dan umroh Patuna Travel sukses mencatatkan prestasi mutu layanan berstandar internasional. Hal tersebut ditandai dengan raihan sertifikasi manajemen mutu ISO 9001-2015 terkait penyelenggara umrah yang diterbitkan oleh Partner Certificate Assurance (PCA) pada Senin (7/1) kemarin.

Dengan raihan tersebut, Direktur Utama PT. Patuna Mekar Jaya, H. Syam Resfiadi yang ditemui saat penyerahan sertifikat ISO 9001-2015 di Kantor Pusat Patuna, Panglima Polim-Jakarta Selatan (Senin 7/1) kemarin menyampaikan,

“Alhamdulillah, Patuna telah berhasil mendapatkan sertifikasi itu. Ini adalah hadiah akhir tahun yang Allah SWT berikan kepada Patuna. Dan sertifikasi ini adalah bentuk pelayanan terhadap sistem manajemen mutu yang telah diterapkan terhadap proses penyelenggaraan umroh yang pada akhirnya dapat menjamin kepuasan jemaah,” ujar Syam.

Lebiih lanjut, Ketua Umum Sapuhi tersebut menambahkan, “Yang terpenting masyarakat harus mengetahui dengan memiliki sertifikat ISO 9001:2015 ini berarti kami (Patuna Travel) layak mendapat kepercayaan, khususnya terkait penyelenggaraan ibadah umrah," sambung Syam.

Sementara itu, Abdurahman Nasution selaku perwakilan PCA dalam kesempatan yang sama juga turut menambahkan. “Dengan raihan sertifikasi ini, artinya, Patuna telah sah mendapatkan akreditasi internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu jasa yang dihasilkannya.

“Salah satu kinerja yang utama adalah customer satisfaction. Jadi diharapkan organisasi yang telah mendapat sertifikat ISO lebih concern terhadap kepuasan pelanggan,” tutup Abdurahman.

Untuk penilaian telah dilakukan di pusat dan dicabang baik dari top manajemen, SOP hingga implementasi data-data ditiap unit yang ada, kemudian dari sana baru disimpulkan apakah bisa mengantongi layak ISO 9001: 2015.



Penulis : Linda Rasyid