Hadiri Penutupan DPS Ketahanan Nasional, Doni Monardo Bahas Isu Kepedulian Lingkungan

Ado Richard Selasa | 04 Desember 2018 | 01:05 WIB
Hadiri Penutupan DPS Ketahanan Nasional, Doni Monardo Bahas Isu Kepedulian Lingkungan
Foto: Istimewa

BeritaNusa - Menghadiri Penutupan DPS 2017/18 Ketahanan Nasional yang diinisiasi Yayasan Suluh Nuswantara Bhakti, FKPPI dan Aliansi Kebangsaan pada Sabtu 1 Desember 2018 kemarin di JCC-Senayan, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Letjen TNI Doni Monardo yang bertindak sebagai pembicara membahas isu kepedulian lingkungan.

Mantan Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi tersebut menilai kepedulian anak bangsa terhadap lingkungan masih sangat rendah. Doni juga mengingatkan meminta agar tokoh-tokoh masyarakat tidak melulu bicara soal politik kekuasaan namun juga fokus terhadap kepedulian lingkungan.

"Saya banyak mengatakan kepada tokoh-tokoh masyarakat, sudahlah jangan terlalu banyak bicara politik kekuasaan. Mari kita bicara politik kesejahteraan, mari kita bicara politik lingkungan karena masa depan bangsa kita ada di sini," ungkap Letjen TNI Doni Monardo.

Lebih lanjut, Doni yang juga pernah menjabat Wakil Komandan Satgas Citarum Harum terkait isu lingkungan menyampaikan, "Negara kita dipermalukan di dunia internasional dan ternyata sudah puluhan triliun uang keluar untuk menyelesaikan Citarum. Tetapi tidak pernah selesai dan tidak pernah tuntas.”

“Masyarakat saat ini bahkan harus minum dari air sungai Citarum yang pernah dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia,” jelas Doni.

Dalam kesempatan tersebut, Letjen TNI Doni Monardo juga menyampaikan apresiasi terhadap inisiasi penyelenggaraan DPS tersebut yang utamanya membantu pemerintah mencari jalan keluar terhadap sejumlah permasalahan bangsa.