BIG Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Rahmad Kamis | 18 Oktober 2018 | 17:45 WIB
BIG Raih Sertifikat ISO 9001:2015
Foto: Istimewa

BeritaNusa - Bogor-Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-49 Badan Informasi Geospasial(BIG) menerima sertifikat ISO 9001: 2015 di Kantor BIG, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (17/10/2018).

Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin mengatakan sertifikat ISO 9001:2015 menandakan BIG telah menyelenggarakan pelayanan publik yang telah memenuhi Standar Manajemen Mutu

"BIG telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System Requirement dengan ruang lingkup sertifikasi Layanan Pendidikan dan Pelatihan pada Balai Layanan Pendidikan dan Pelatihan Geospasial serta Layanan Jasa Konsultasi dan Produk pada Balai Layanan Jasa dan Produk Geospasial Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama," kata Hasanuddin kepada wartawan usai peringatan HUT Ke-49 BIG di Kantor BIG

Hasanuddin menambahkan dengan label Sertifikat ISO 9001:2015, layanan BIG akan memberikan kepaatian bahwa sistem mutu dapat mencapai sesuai hasil yang diinginkan oleh pelanggan dalam hal ketepatan waktu, mutu dan kualitas produk serta mencegah atau mengurangi resiko yang tidak diinginkan, dari tahun ke tahun atau mencapai perbaikan (improvement).

Pada peringatan HUT ke-49 BIG ini diserahkan pula data kegiatan hasil kerja sama tahun 2017 dari beberapa pemda.

Selama ini BIG telah banyak melakukan kerja sama dengan Kementerian atau Lembaga atau Pemda dan perguruan tinggi. Terkait itu, pada kesempatan ini disampaikan data IG (berupa peta, data pasut, GCP) hasil kerja sama antara BIG dengan 14 Pemda Tingkat II dan instansi terkait lainnya.

BIG hari Rabu, 17 Oktober 2018 genap berusia 49 tahun. Banyak hal yang telah dilakukan badan yang bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) ini dalam perjalanannya selama hampir setengah abad.

Maka tidak berlebihan rasanya jika peringatan Hari Informasi Geospasial ini kami memilih tema "Satu Peta, Kerja Kita, Prestasi Bangsa", kata Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin.

Hasanuddin menjelaskan bahwa tema "Satu Peta, Kerja Kita, Prestasi Bangsa" menggambarkan momentum untuk terus berubah.

Tema tersebut sekaligus menjadi komitmen BIG menyelenggarakan IG yang mengacu pada satu standar, satu referensi, satu geodatabase, dan satu geoportal. Ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (One Map Policy)

"Kita perlu terus meningkatkan kualitas data IG dan mendukung percepatan penyediaan Peta Rupa Bumi skala besar untuk mendukung perencanaan pembangunan nasional, program pertanahan, dan rencana detil tata ruang," ucap Hasan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan HIG kali ini digelar secara sederhana, baik dari jumlah kegiatan yang dilaksanakan maupun puncak acaranya. Namun kesederhanaan yang ada tidak mengurangi makna dan semangat BIG untuk terus bekerja dan berkarya, memberikan hasil yang terbaik dalam penyelenggaraan IG guna mendukung pelaksanaan pembangunan nasional.

Inti dari perayaan HIG tahun ini adalah mensosialisasikan berbagai produk IG, sekaligus meninjukkan hasil.kerja sama pemanfaatan IG dengan beberapa pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya. Selain itu juga menumbuhkan rasa kebersamaan antarpegawai BIG serta meningkatkan kepedulian pada masyarakat sekitar lingkungan kantor.