Pihak Kejari Jakarta Timur Lakukan Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

Ado Richard Selasa | 15 Mei 2018 | 21:50 WIB
Pihak Kejari Jakarta Timur Lakukan Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum
Foto: Istimewa

BeritaNusa - Jakarta, Selasa (15/5/2018) Belasan kilogram jenis narkoba, ratusan handphone serta peralatan elektronik (CPU dan monitor) barang bukti tindak pidana umum dimusnahkan pihak Kejaksaan Tinggi Negeri Jakarta Timur pagi tadi.

Pemusnahan barang bukti tersebut disaksikan langsung oleh pihak perwakilan dari BNN, Polres Metro Jakarta Timur, Polsek Jatinegara, Sudin Kesehatan jakarta Timur, kecamatan Jatinegara hingga jajaran RT/RW setempat dan Jaksa beserta staff Kejari Jakarta Timur.

Sebelum melakukan pemusnahan barang bukti tersebut, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejari Jakarta Timur, Achmad Muchlis mengatakan, “Terkait kegiatan hari ini, kami pihak Kejari Jaktim selaku eksekutor yang diamanatkan UU untuk melakukan eksekusi putusan pengadilan melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti tindak pidana umum,” ujar Achmad.

"Pemusnahan barang bukti yang dilakukan hari ini merupakan bentuk eksekusi pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap sesuai dengan amar putusannya yakni keseluruhan barang bukti tersebut dirampas untuk dimusnahkan sesuai UU yang berlaku." Tambah Achmad.

Lebih lanjut Achmad menyampaikan, “Barang bukti yang kami musnahkan hari ini terdiri dari Ganja seberat 7,1 kg (79 perkara), Shabu-shabu sebanyak 1,5 kg (382 perkara), Heroin 0,9 kg (8 perkara) serta ratusan handphone terkait perkara Narkotika, dan perlengkapan elektronik (CPU dan monitor),” tutup Achmad.

Dalam kesempatan yang sama, Achmad Muchlis juga menghimbau seluruh pihak untuk turut berperan aktif menekan angka perkara pidana umum, salah satu yang paling penting yakni terkait penyalahgunaan narkoba.
(Lin)