World Post Graduate Expo 2018 Hadirkan Universitas Terbaik Lokal dan Internasional

Ado Richard Rabu | 09 Mei 2018 | 00:15 WIB
World Post Graduate Expo 2018 Hadirkan Universitas Terbaik Lokal dan Internasional
Foto: Istimewa

BeritaNusa - World Post Graduate Expo 2018 akan segera digelar pada tanggal 12-13 Mei 2018 di Jakarta Convention Center bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), juga didukung oleh Perusahaan serta Universitas baik dalam maupun luar negeri.

Penyelenggaraan World Post Graduate Expo 2018 yang kedua kali ini melibatkan 80 universitas dari 15 negara dengan kompisisi 80 persen perguruan tinggi lokal dan sisanya universitas internasional.

Pameran pendidikan yang dikhususkan untuk jenjang S2 maupun S3 ini menjembatani mahasiswa dengan berbagai universitas baik lokal maupun mancanegara untuk memastikan para mahasiswa dapat mencari info yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikannya.

"Tahun kemarin WPG ini sukses banget dan itu jadi motivasi kita untuk menyelenggarakannya lagi. Kita mau terus membantu para mahasiswa supaya gak bingung masalah pendidikan mereka, dari universitas mana yang biayanya sesuai dengan kantong mereka, program beasiswa dari pemerintah atau bahkan program pendanaan pendidikan," ujar Anastasya Sri, Operational Director dari MSW Global, Senin (7/5/2018).

Dalam pameran pendidikan ini juga terdapat tes simulasi lELTS untuk mengukur sejauh mana kemampuan para mahasiswa dalam berbahasa asing yang bekerjasama dengan Kemristekdikti dan perusahaan publisher ternama tanah air.

"Kita selalu mengharapkan yang terbaik untuk para mahasiswa dan tes simulasi ini sangat baik untuk mereka, supaya mereka bisa melakukan persiapan sebeium mengambil tes yang sebenamya. Pokoknya kita sediakan selengkap mungkin yang mereka butuhkan," tutur Michael Tan, Director MSW Global.

Penyelenggaraan World Post Graduate Expo 2018 juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Republik Indonesia dan peringatan hari kebangkitan dosen.

Untuk itu Dr. Wendi Usino, M.Sc.,MM selaku ketua DPP ADI bidang lT, mengatakan bahwa pada era Ini Dosen memiliki tuntutan lebih, baik dalam kompetensi maupun kemampuan untuk melakukan kolaborasi riset dengan profesor kelas dunia.

"World Post Graduate Expo sangat bermanfaat juga untuk dosen, karena dosen sekarang harus mampu mengembangkan konten pembelajaran. Peran dosen adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan dapat menjaga kedaulatan pendidikan bangsa," ujar Wendi.

Ia juga mengutarakan bahwa ADI memiliki program #ADIDosenZamanNow, karena saat ini antara dosen dengan mahasiswa ada jarak, dimana dosen saat ini masih didominasi oleh generasi baby boomers dan generasi X yang merupakan digital immigrant.

"Sementara mahasiswa yang dihadapi merupakan generasi millennial atau digital native, oleh karena itu dosen harus mengembangkan karir akademlk sampal ke jenjang S3 dan mampu mengembangkan konten pembelajaran mengikuti perkembangan zaman," tambahnya.