Connect with us

Bisnis

Presiden Resmikan Bandara Kulun Progo

Jakarta (BN)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara International Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat pagi ini. Pada saat bersamaan, presiden juga meresmikan pengoperasian menara Airnav Indonesia dan sistem peringatan dini tsunami.

Sesi peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan batu prasasti oleh Jokowi. Serta turut disaksikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Seusai proses tersebut, Jokowi memuji pengerjaan Bandara YIA yang menurutnya super cepat, hanya dalam waktu sekitar 20 bulan.

“Alhamdulillah Bandara Internasional Yogyakarta telah selesai 100 persen. Ini Dikerjakan sangat cepat, hanya 20 bulan, cepat sekali,” ujar Jokowi di Bandara YIA, Yogyakarta, Jumat (28/8/2020).

Jokowi lantas membandingkan fasilitas YIA dengan yang ada di bandara lama, yakni Bandara Adisutijpto. Dia memaparkan, bandara baru ini memiliki landasan pacu jauh lebih panjang daripada lapangan udara lama, yakni 3.250 meter persegi berbanding 2.200 meter persegi.

“Di sana hanya untuk pesawat berbadan kecil. Di sini bisa didarati airbus A340, dan Boeing 777,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, ia juga mengapresiasi upaya segala pihak yang terlibat dalam konstruksi Bandara YIA yang menghabiskan ongkos Rp 11,3 triliun. Seperti kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku arsitek Bandara Internasional Yogyakarta.

“Ternyata beliau sangat mumpuni dan detail soal urusan arsitektural dan yg ada di dalam, interior. Keahilian beliau sangat terlihat sekali dalam desain arsitektur di bandara Internasional Yogyakarta ini,” ucapnya.

“Terimakasih untuk PT PP dan Angkasa Pura 1 juga untuk pengerjaannya. Saat ini (Bandara YIA) yang terbaik. Enggak tahu nanti ke depannya ada yang lebih baik atau enggak,” tandas Jokowi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis