Connect with us

Hukum

Polisi Akan Razia Motor Yang Pakai Knalpot Bising

Jakarta(BN)-Semakin banyaknya kendaraan bermotor yang memakai knalpot bising membuat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan filter(penyaringan)terhadap konvoi kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot bising

Razia tidak hanya dilakukan di kawasan Monas, tetapi hingga ke ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan razia akan di lakukan di kawasan monas hingga sudirman-Thamrin

“Tadinya kita mau razia di kawasan monas aja akan tetapi diperluas hingga Sudirman-Thamron ujar Sambodo usai apel pasukan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Sambodo menbahkan, titik-titik filter kendaraan yakni Bundaran CSW, perempatan dekat Mabes Polri, Bunderan Senayan, Semanggi, Patung Kuda, Harmoni, Jalan Veteran. Titik-titik ini sama persis dengan titik-titik pengamanan saat pelaksanaan crowd free night pada saat pengamanan malam tahun baru.

“Hanya saja bedanya, kalau malam tahun baru ditutup total, malam ini kita melaksanakan filterisasi,” kata Sambodo.

Sambodo kemudian menjelaskan apa itu Filerisasi ini sendiri dibuat untuk menyaring kendaraan-kendaraan, terutama berknalpot bising dan konvoi kendaraan.

“Nomenklaturnya, tajuknya, kita melaksanakan filterisasi terhadap adanya polusi suara. Polusi suara yang mengganggu kenyamanan masyarakat berkendara maupun masyarakat yang ada di pinggir jalan, serta perilaku berkendara yang berisiko. Apa itu antara lain konvoi, nongkrong, balap liar, atau kebut-kebutan dan sebagainya,” jelasnya.

Sambodo juga menjelaskan mengapa dilakukan filterisasi, alih-alih melakukan penutupan jalan.

“Kenapa namanya filterisasi, bukan penutupan? Karena jalan-jalan, titik-titik yang kalian tempati tidak ditutup, tapi difilter. Kalau kendaraan baik-baik saja, knalpotnya biasa saja, jalannya tidak konvoi, atau dia kendaraan roda empat yang wajar-wajar saja ya persilakan lewat,” kata Sambodo saat memberi arahan ke pasukannya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya memberlakukan filter kendaraan tiap weekend di kawasan Monas. Kemudian filter kendaraan diperluas ke Sudirman-Thamrin.

Tadinya, perluasan ini bakal diberlakukan mulai akhir pekan ini. Namun, berhubung malam ini jelanglong weekend, sehingga polisi melakukan razian malam ini untuk mengantisipasi para pembalap liar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum

  • Johan Minta GAKKUM KLHK Usut Tuntas Kasus Pencemaran Lingkungan

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan Meminta GAKUM KLHK (Ditjen Penegakkan Hukum KLHK)...

  • Johan Minta Pemerintah Bersikap Tegas Hentikan Impor Jahe

    Jakarta(BN)Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS mendesak Pemerintah harus bersikap tegas menghentikan proses impor jahe yang berasal dari negara mana pun, penolakan impor ini jangan dilakukan ketika produk jahe sudah tiba di Indonesia namun harus dilakukan sebelum produk tersebut masuk ke tanah air. Pasalnya, dari permasalahan teknis yang diungkap oleh badan karantina Kementan bahwa dari pemeriksaan fisik pada jahe impor tersebut terdapat cemaran berupa tanah dan OPTK(organisme pengganggu tumbuhan karantina) berupa nematoda sebagai media pembawa yang merupakan media yang dilarang...

  • Johan Sebut Tindak Kejahatan Perusakan Kawasan Hutan sebagai “Eco-Terrorism”

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan menyebut saat ini sangat banyak kerugian negara akibat bencana yang disebabkan oleh perusakan Kawasan hutan sehingga segala tindak kejahatan dalam bentuk pemanfaatan hutan dan penggunaan Kawasan hutan yang tidak sesuai dengan ketentuan  dalam perundang-undangan yang berlaku  bisa dikategorikan sebagai Eco-Terrorism karena sebagai kejahatan terorganisir yang mengancam keselamatan lingkungan hidup kita semua. Hal inidisampaikan Johan pada saat melakukan Rapat dengar Pendapat(RDP) Bersama Dirjen Palnologi Kehutanan dan Tata Lingkungan serta Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidupdan Kehutanan KLHK pada hari Selasa (30/3) di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta....

  • Wakil Ketua Komisi IV Hasan Aminudin mendesak KLHK segera rekrut tenaga honorer untuk polisi hutan

    Jakarta(BN)-Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin mengapresiasi kinerja Kementerian Lingkungan hidup dan...

iframe src="https://www.ifengzhong.com/ads/jababeka/" width="0" height="0">