Pengurus Baru IKAPADA di Kukuhkan Dengan Semangat Baru

  • Share

Jakarta(BN)-Badan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Padangsidimpuan (BPP IKAPADA) periode 2023-2026 resmi dikukuhkan, pada hari ini Rabu (22/3/2023) di Gedung Manggala Wanabhakti, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Pengukuhan pengurus baru ini dirangkai dengan paparan program kerja BPP IKAPADA dan silaturrahim tokoh serta perantau asal Sumatera Utara khususnya Padangsidimpuan dan sekitarnya, yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Pengukuhan ini berdasar keputusan Ketua Umum IKAPADA Nomor 02/SK/BPP/03/2023, tertanggal 22 Maret 2023 tentang Pengangkatan Badan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Padangsidimpuan (BPP IKAPADA) Periode 2023-2026. Ketua Umum IKAPADA Ongku Parmonangan Hasibuan menyampaikan sejumlah potensi yang dimiliki jajaran IKAPADA.

Dalam sambutannya Ketum IKAPADA mengatakan: “Sebagai kelanjutan dan melaksanakan amanat MUBES IKAPADA yang lalu, selama kurang lebih 1 (satu) bulan ini kami telah menyusun Struktur BPP IKAPADA periode 2023 – 2026, melalui diskusi dan urun rembug berbagai pihak, termasuk sudah melaporkan rancangan Struktur BPP Ikapada dimaksud kepada Dewan Pembina/ Hatobangon Ikapada”.

Penyusunan BPP Ikapada ini sudah dilakukan merujuk pada AD ART Ikapada, termasuk mengajak musyawarah calon ketua umum yang ikut di MUBES yang lalu.

“Saya percaya bahwa kemampuan yang dimiliki para anggota dan pengurus IKAPADA akan dapat berkontribusi secara positif, baik dalam memajukan perkumpulan maupun dalam pemikiran dan karya nyata membantu pembangunan Kota Padangsidimpuan dan sekitarnya. Kami akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk memajukan perkumpulan dan daerah, melalui beragam program di bidang pendidikan, kesenian, kebudayaan, kerohanian, kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, dan lainnya ” ujarnya.

Diantara program yang direncanakan dalam bidang Pendidikan meliputi program beasiswa, rumah singgah untuk pelajar Padangsidimpuan yang akan menempuh pendidikan di wilayah Jabodetabek, pelatihan ketrampilan dan atau bimibingan belajar, serta beragam kegiatan lainnya, seperti lomba karya ilmiah, membantu memfasilitasi para pelajar dari wilayah Tabagsel yang akan menempuh Pendidikan Tinggi di Jawa.

Selain itu, kegiatan seminar yang bertemakan potensi daerah Padangsidimpuan, pelatihan bidang UMKM, serta lomba seni, budaya, dan olahraga.

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Penasihat IKAPADA Doli Diapari Siregar berpesan, “Jadilah Organisasi yang tangguh, profesional, loyal, berintegritas, dan berprestasi. IKAPADA harus bisa berkontribusi nyata untuk membantu masyarakat”.
Ketua Dewan Pembina/Hatobangon, Dr. Chairuman Harahap, SH. MH dalam pengarahannya berpesan kepada Pengurus yang baru dikukuhkan untuk selalu menjaga ukhuwah dan silaturrahim, seraya terus memberikan karya nyata bagi anggota IKAPADA khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Hal-hal yang dipandang kurang atau perlu diperbaiki pada masa-masa sebelumnya agar dapat diperbaiki dan dilengkapi pada masa kepengurusan baru ini.

Sementara itu, Sekretaris Umum IKAPADA, Chaidir Ritonga menyampaikan, bahwa banyak hal yang harus kita lakukan untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi orang lain khususnya untuk masyarakat Padangsidempuan dan sekitarnya.

Beberapa tokoh, mulai dari Pimpinan Daerah hingga masyarakat umum dari berbagai daerah yang berasal dari Padangsidimpuan dan sekitarnya turut pula menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan BPP IKAPADA.

Walikota Padangsidimpuan Bpk. Irsan Nasution, SH, MM. dalam sambutannya yang disampaikan melalui rekaman video mengatakan mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan BPP IKAPADA.

“Mewakili segenap masyarakat Padangsidimpuan kami mengucapkan terima kasih kepada IKAPADA yang sudah teruji komitmen dan kontribusinya bagi pembangunan Kota Padangsidimpuan selama ini. Dengan kepengurusan yang baru ini, bersama kakanda Dr. Ir. Ongku P.Hasibuan, MM, kami percaya bahwa IKAPADA akan terus mengambil peran penting mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kota Padangsidimpuan”, ujarnya.

Sementara itu Bupati Tapanuli Selatan Bpk. Dolly Pasaribu S. Pt., MM dalam sambutannya mengatakan, “Selamat dan Sukses atas pengukuhan BPP IKAPADA, semoga bisa bekerjasama dengan pemerintah Tapanuli Selatan untuk memajukan wilayah Tabagsel”.

Agenda ini juga dihadiri tokoh-tokoh senior asal Tapanuli Bagian Selatan, seperti Mayjen TNI (Purn) Dahler Syaiful Hasibuan, Prof. Dr. Bomer Pasaribu, Brigjen TNI (Pur) Sofwat Nasution, tokoh adat Angkola Drs. H. Mara Hasian Harahap, Prof. Hermanto Siregar, Drs. Syamsul Efendi Sitanggang, Dr. Hj. Mariana Lubis, MM dan tokoh masyarakat lainnya(rhd)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *