Connect with us

Nasional

100 Raja dan Sultan Akan Serahkan Maklumat Ke Presiden Jokowi

Jakarta(BN)- Sekitar 100 raja dan sultan di Nusantara berkumpul di Jakarta dalam rangka Simposium Nasional dan Deklarasi maklumat Raja,Sultan,Datu,Peng Lisir,Kepala Suku,Kepala Marga,Pemangku Adat yang di gelat oleh Lembaga Komunikasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia(LK-PASI)

“Di forum ini, sultan dan raja-raja menindak lanjuti pidato Presiden Jokowi dihadapan para Raja dan Sultan se Nusantara yang isinya akan mengakomodir terkait aset tanah wilayah kerajaan kesultanan, masyarakat hukum adat, dan Presiden juga berjanji akan memberikan sertifikasi kata Sekretaris Umum LK-PASI YM DR Ruliah SH.MH  di Jakarta,Kamis(19/5/2022)

Ruliah menggaris bawahi bahwa kegiatan simposium nasional ini adalah sebagai bentuk mitra strategis pemerintah dengan Raja dan Sultan.”

Dosen Universitas Halu Oleo Kendari ini menegaskan bahwa Simposium Nasional yang di selenggarakan oleh LKPASI ini akan memediasi para Raja dan Sultan untuk menyampaikan data-data kerajaan mereka kepada pemerintah.

“Nanti kita akan membuat konsep maklumat deklarasi yang besok tanggal 20 Mei akan kita serahkan ke pemerintah. Alhamdullilah LKPASI mendapat respon dari Raja dan Sultan.” Ujar Ruliah.

Ia berharap maklumat yang di buat oleh Raja dan Sultan se Nusantara sampai ke Presiden di mana pada tanggal 20 Mei seluruh Raja dan Sultan Nusantara yang menghadiri simposium ini akan menyampaikan poin-poinnya dan akan diserahkan kepada pemerintah.

 Ketua Umum LKPASI, YM Datuk Juanda bahwa seluruh Raja dan Sultan berharap maklumat mereka dapat di terima langsung oleh Presiden RI

Pertemuan para raja dan sultan itu dilangsungkan di Hotel Grand Cempaka, . Para raja dan sultan yang hadir di pertemuan ini tampil dengan pakaian tradisional daerah masing-masing.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional