Peserta Aksi 115 Salat Jumat Berjemaah di Monas

Redaksi Jumat | 11 Mei 2018 | 15:10 WIB
Peserta Aksi 115 Salat Jumat Berjemaah di Monas
Foto: Istimewa

BeritaNusa - Peserta Aksi 115 Pembebasan Baitul Maqdis memenuhi pelataran Monumen Nasional dan menunaikan salat Jumat berjemaah.

Sebagian peserta aksi laki-laki memanfaatkan penyemprot air untuk rumput untuk mengambil wudhu. Panitia aksi 115 juga menyediakan truk air dan sebagian jemaah menggunakan botol air kemasan untuk membersihkan diri.

Namun, panitia tidak menyediakan sajadah untuk semua peserta salat. Sebagian peserta membawa sendiri sajadah mereka, tapi ada juga yang menggunakan alas tikar yang tadi digunakan saat aksi.

Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan juga turut ikut salat berjamaah bersama peserta aksi 115 di Monas.

Anies mengatakan kedatangannya dalam aksi ini merupakan bentuk komitmen membantu perjuangan rakyat Palestina.

Selain salat Jumat, dia juga sempat menaiki mimbar orasi dan menyatakan peserta Aksi 115 yang berjumlah ratusan ribu telah menorehkan sejarah.

Hal itu karena umat islam Indonesia telah berkomitmen untuk membela umat islam di Palestina.

Aksi ini telah dimulai sejak salat subuh berjamaah di lapangan Monas dan Masjid Istiqlal dan direncanakan selesai usai salat Jumat pada pukul 13.00 WIB.

Lalu lintas kendaraan di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, juga dialihkan sehubungan dengan adanya aksi massa dari Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis.

Akibat pengalihan arus lalu lintas itu, terjadi kemacetan di sejumlah titik, seperti kawasan Tugu Tani, Jalan Merdeka Timur depan Stasiun Gambir, kawasan Kebon Sirih, dan beberapa titik lainnya.

Aksi 115 itu digelar merespons rencana pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem menyusul keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.