MUI Minta Bersalaman Saat Lebaran Diganti Silaturahmi Online

  • Share

BeritaNusantara.com — Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengimbau umat Islam untuk tidak melakukan tradisi lebaran berupa bersalaman untuk saling memaafkan secara langsung di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

Ia menjelaskan bersalaman merupakan tradisi baik dan hukumnya sunnah. Sementara, menjaga diri agar tidak jatuh dalam bencana dan malapetaka hukumnya wajib.

“Untuk itu sebagai alternatifnya agar kita tetap dapat bisa menyambung tali silaturahmi dan untuk bisa saling menyampaikan maaf, maka sebagai gantinya kita dapat melakukannya melalui telepon, SMS, WA, video call, dan lainnya,” kata Anwar lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (15/5).

Dia menjelaskan bersalaman merupakan ajaran dalam Islam yang pernah disabdakan Nabi Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan Abu Daud. Bahwa, berjabat tangan dapat menghapuskan dosa kedua pihak.

Selain itu, ia juga mengimbau umat Islam untuk tidak melakukan tradisi berkunjung ke sanak saudara saat Lebaran. Sebab kondisi pandemi ini sangat berbahaya jika ada kerumunan dan kontak fisik.

“Kami mengimbau umat dan masyarakat untuk lebih mengedepankan usaha menjaga dan melindungi diri kita masing-masing supaya tidak jatuh ke dalam hal-hal yang akan membahayakan kepada kesehatan dan jiwa kita apalagi,” tuturnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *