Connect with us

Nasional

Menristekdikti buka Munas XI Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia

Mahasiswa harus peka terhadap perubahan terutama di era revolusi industri 4.0 di mana lingkungan berubah dengan cepatBantul (ANTARA) – Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI Mohammad Nasir membuka Musyawarah Nasional XI Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (Munas XI FL2MI) yang digelar di Grha Institut Pertanian Instiper Yogyakarta.
"Mahasiswa harus peka terhadap perubahan terutama di era revolusi industri 4.0 di mana lingkungan berubah dengan cepat," kata Menristekdikti dalam pemaparannya saat pembukaan Munas XI FL2MI di Instiper Yogyakarta, Senin.
Munas XI FL2MI 2019 yang mengambil tema 'Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menghadapi Era Globalisasi untuk Mewujudkan Indonesia Emas yang Bermartabat' itu diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Menurut dia, di era revolusi industri 4.0 ini mahasiswa juga harus cepat berubah dan memanfaatkan perkembangan teknologi, sebab anak muda akan lebih cepat merespon perubahan yang ada.
"Karena mahasiswa merupakan salah satu agen perubahan yang diharapkan membawa perubahan positif dalam rangka mencerdaskan bangsa," katanya.
"Dan di tangan para pemuda dan pemudi ini, bangsa Indonesia akan dibawa menuju Indonesia Emas yang bermartabat dengan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila," katanya.
FL2MI merupakan wadah pemersatu Lembaga Legislatif Mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan lembaga legislatif mahasiswa di Indonesia.
Rektor Instiper Yogyakarta Purwadi mendukung kegiatan positif mahasiswa, salah satunya FL2MI sebab forum yang berasaskan Pancasila ini bertujuan supaya terbina rasa kekeluargaan antara lembaga legislatif mahasiswa dan mampu berkarya untuk pengabdian yang berketuhanan, bertanggung jawab.
Rektor mengatakan, melalui kegiatan berorganisasi ini mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran kritis dalam batasan masih berlandaskan Pancasila.
"Mahasiswa jangan sampai mengikuti kegiatan yang radikal dan harus selalu menjaga kebhinekaan dan merawat rasa kebangsaan," katanya.
Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Bogor wakili Indonesia di forum PBB
Baca juga: Mahasiswa Indonesia Jerman gagas forum intelektual
Pewarta: Hery Sidik
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

  • Johan Minta GAKKUM KLHK Usut Tuntas Kasus Pencemaran Lingkungan

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan Meminta GAKUM KLHK (Ditjen Penegakkan Hukum KLHK)...

  • Johan Minta Pemerintah Bersikap Tegas Hentikan Impor Jahe

    Jakarta(BN)Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS mendesak Pemerintah harus bersikap tegas menghentikan proses impor jahe yang berasal dari negara mana pun, penolakan impor ini jangan dilakukan ketika produk jahe sudah tiba di Indonesia namun harus dilakukan sebelum produk tersebut masuk ke tanah air. Pasalnya, dari permasalahan teknis yang diungkap oleh badan karantina Kementan bahwa dari pemeriksaan fisik pada jahe impor tersebut terdapat cemaran berupa tanah dan OPTK(organisme pengganggu tumbuhan karantina) berupa nematoda sebagai media pembawa yang merupakan media yang dilarang...

  • Johan Sebut Tindak Kejahatan Perusakan Kawasan Hutan sebagai “Eco-Terrorism”

    Jakarta(BN)-Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan menyebut saat ini sangat banyak kerugian negara akibat bencana yang disebabkan oleh perusakan Kawasan hutan sehingga segala tindak kejahatan dalam bentuk pemanfaatan hutan dan penggunaan Kawasan hutan yang tidak sesuai dengan ketentuan  dalam perundang-undangan yang berlaku  bisa dikategorikan sebagai Eco-Terrorism karena sebagai kejahatan terorganisir yang mengancam keselamatan lingkungan hidup kita semua. Hal inidisampaikan Johan pada saat melakukan Rapat dengar Pendapat(RDP) Bersama Dirjen Palnologi Kehutanan dan Tata Lingkungan serta Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidupdan Kehutanan KLHK pada hari Selasa (30/3) di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta....

  • AHY Minta Moeldoko Tak Jadi Mesin Produksi Hoaks

    MerdekaNews.co.id – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melancarkan serangan balik terhadap Moeldoko yang...

iframe src="https://www.ifengzhong.com/ads/jababeka/" width="0" height="0">