BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Jumat | 26 Januari 2018 | 15:57 15:57:30 WIB

NASIONAL

Bertemu PM Vietnam, Jokowi Sampaikan Kekhawatiran soal Regulasi Ekspor

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Bertemu PM Vietnam, Jokowi Sampaikan Kekhawatiran soal Regulasi Ekspor
BERITANUSANTARA.com,- Dalam kegiatannya di Konferensi Tingkat Tinggi Peringatan ASEAN-India, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Hotel Taj Enclave Diplomatic, New Delhi.

Pertemuan tersebut membahas peningkatan hubungan kerja sama ekonomi dan maritim.

Di New Delhi pada Jumat (26/1/2018), Presiden menerima kedatangan PM Vietnam di ruang pertemuan pada sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

"Tadi Perdana Menteri Vietnam menyampaikan harapan agar target 10 miliar dolar AS pada 2020 dapat terwujud," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan pembahasan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc, dilansir dari Antaranews.com, Jumat.

Menlu yakin target tersebut dapat tercapai mengingat perkembangan progresif perdagangan Indonesia-Vietnam.

Retno menyebutkan, Presiden Jokowi juga menyampaikan kekhawatiran adanya regulasi yang akan diberlakukan mengenai persyaratan non-tarif terhadap ekspor kendaraan bermotor ke Vietnam.

Kepala Negara mengatakan pemberlakuan persyaratan itu membutuhkan penyesuaian baik terkait biaya dan waktu.

Indonesia meminta pemberlakuan masa transisi sehingga ekspor tidak terganggu dengan regulasi yang rencananya keluar pada Oktober 2018.

Perdana Menteri Vietnam, tambah Retno, mengatakan kekhawatiran juga disampaikan oleh negara lain seperti Jepang dan Amerika Serikat.

"Oleh karena itu Perdana Menteri Vietnam akan menginstruksikan kepada Menteri Perhubungannya untuk segera membuat suatu bimbingan sehingga mempermudah atau memfasilitasi pelaksanaan dari dekrit tersebut dan Vietnam komitmen untuk terus menjaga dan menghormati perdagangan bebas yang memang sudah disepakati oleh ASEAN," jelas Retno.

Dalam pertemuan itu, Nguyen Xuan Phuc menyampaikan kerja sama Indonesia-Vietnam di bidang perdagangan perlu terus ditingkatkan.

PM Vietnam menjelaskan masih terdapat hambatan dalam meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara.

"Kedua pemimpin sepakat bahwa perdagangan dan investasi ini merupakan prioritas dari hubungan bilateral Indonesia dengan Vietnam," kata Menlu.

Total nilai perdagangan Indonesia-Vietnam hampir mencapai 7 miliar dolar AS pada 2017.

EDITOR : IWAN HIDAYAT
News Update
  • Maju Pilgub Jateng, Sudirman Said Minta Anies Jadi Jurkam

    POLITIK | 21 Februari 2018 | 11:24 WIBCalon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menyambangi Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/2) siang untuk bertemu Gubernur Anies Baswedan. Pada kesempatan itu, Sudirman yang pernah menjabat ketua tim
  • Rizieq Shihab: Saya Ingin Pulang

    NASIONAL | 21 Februari 2018 | 11:21 WIBTokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengaku ingin segera pulang ke Indonesia karena dia merasa prihatin dengan kondisi negara yang menurutnya sedang kacau. Apalagi, sejak kepergiannya ke
  • Fahri Hamzah Tuding Nazaruddin Bersekongkol dengan KPK

    HUKUM | 20 Februari 2018 | 11:10 WIBWakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah menuding mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin bersekongkol dengan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK). Hal ini disampaikan Fahri
  • Ketua KPK: Belum Ada Nama SBY dalam Kasus Korupsi e-KTP

    NASIONAL | 09 Februari 2018 | 17:35 WIB Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan saat ini pihaknya belum menemukan keterlibatan Susilo Bambang Yudhoyono dalam kasus dugaan proyek pengadaan e-KTP. Menurutnya,