BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BERITA NUSANTARA Like Like Like Like
Jumat | 10 November 2017 | 07:24:57 WIB

TEKNOLOGI

Xiaomi Mi Mix 2, Lebih Baik Tapi Belum Sempurna

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Xiaomi Mi Mix 2, Lebih Baik Tapi Belum Sempurna
BERITANUSANTARA.com,- Jakarta - Xiaomi Mi Mix 2 merupakan salah satu smartphone flagship yang telah dirilis beberapa waktu yang lalu. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini memiliki desain bezel-less.

Tidak main-main, pihak Xiaomi mengklaim Mi Mix 2 memiliki layar hingga 12,5 persen lebih besar dari Mi Mix pertama namun memiliki bodi yang lebih ringkas. Itu artinya, smartphone ini memiliki rasio layar terhadap bodi yang lebih besar dibandingkan pendahlunya yang hanya 83 persen.

Lebih Ringkas Tidak Lebih Elegan
Jika dibandingkan dengan pendahulunya Mi Mix 2 memang tampil agak berbeda. Selain memiliki layar yang lebih besar, bodi Mi Mix 2 lebih terasa ringkas dan mudah digenggam. Hal tersebut mungkin dikarenakan rasio layar terhadap bodinya yang kini lebih besar dan rasio ukuran layar 18:9 yang digunakannya.

Mi Mix 2 juga cukup tipis dengan ketebalan bodi hanya 7.7mm. Bahkan saat dipasang casing pelindungnya, smartphone ini juga masih tidak terasa terlalu tebal. Sayangnya, casing yang dihadirkan di Mi Mix 2 kali ini bukan terbuat dari kulit seperti sebelumnya. Saya tidak tahu apa jenis bahan pastinya, namun casing ekstra Mi Mix 2 kali ini terlihat seperti terbuat dari plastik. Hal tersebut yang membuatnya tampak tidak lebih elegan dari pendahulunya.

Sama seperti sebelumnya, casing ini memang dirancang tidak hanya untuk melindungi bagian belakang bodi Mi Mix 2. Ia juga membuat tangan menjadi lebih mudah menggenggam karena bagian belakang bodi Mi Mix 2 cukup licin. Hanya saja, casing tambahan ini sangat sulit dilepas ketika sudah terpasang.

Dari aspek desain lainnya, Mi Mix 2 tidak berbeda jauh dari pendahulunya. Ia masih memilii satu kamera dengan sensor sidik jari di bawahnya. Sementara kamera depannya masih ditempatkan di bagian bawah layar sehingga smartphone ini harus diputar ketika ingin melakukan selfie agar posisi kameranya berada di atas dan lebih bisa menangkap wajah Anda dengan sudut yang tepat.

Di bagian sisi bawah smartphone ini terdapat lubang speaker dan satu port USB Type-C. Ya, yang sangat disayangkan dari Mi Mix 2 kali ini adalah absennya port audio 3.5mm. Meski Xiaomi sudah menyediakan converter khusus agar headphone yang menggunakan jack audio 3.5mm masih bisa digunakan, ini artinya Anda tidak bisa menggunakan headphone sambil mengisi daya.

MiUI 9 Tidak Tampak Banyak Berubah
Saya tidak merasa banyak dikejutkan ketika menggunakan MIUI 9 di Mi Mix 2. Jujur saja perubahan yang dihadirkan tidak begitu terasa secara tampilan. Ikon dan tema yang disajikan masih sama dan posisi antarmuka masih tetap tidak berubah.

Hanya saja karena layar Mi Mix 2 sangat besar, ikon tersebut terlihat lebih kecil dan tidak terasa memenuhi layar. Saya sangat puas dengan ukuran ikon di Mi Mix 2 kali ini karena wallpaper yang saya pasang bisa terlihat sangat jelas dan tampilannya terlihat lebih minimalis.

Untungnya juga Xiaomi masih mengizinkan saya untuk membuat folder dan memasukkan shortcut aplikasi ke dalam folder tersebut lalu diposisikan di bawah tampilan layar. Karena saya lebih suka tampilan layar utama yang bersih dan MIUI 9 tidak memiliki sistem app drawer, sistem folder ini menjadi solusi yang sangat berguna.

Kamera Utama Lebih Baik
Jika terus memantau perkembangan berita mengenai Mi Mix 2, Anda pasti pernah membaca salah satu artikel yang sedikit mengulas mengenai kamera smartphone ini. 

Ya, saya memang sempat khawatir Mi Mix 2 tidak akan kembali memiliki kamera yang buruk seperti pendahulunya. Pasalnya, smartphone ini masih belum, menggunakan kamera ganda seperti Mi 6 yang terbukti hasil jepretannya tergolong sangat baik.

Untungnya, Mi Mix 2 memiliki kamera dengan kualitas jepretan yang cukup baik. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, kualitas kamera di Mi Mix 2 memang jauh lebih baik. Tetapi bagaimana jika dibandingkan dengan smartphone lainnya?

Ketika diuji menggunakan lightbox di kondisi cahaya yang terkontrol, Mi Mix 2 menghasilkan foto dengan tingkat exposure lebih tinggi dibandingkan kebanyakan kamera smartphone yang sudah diuji di meja Metrotvnews.com. Hal tersebut membuat foto terlihat lebih cerah dari yang lain, bahkan lebih cerah dari kondisi asli ketika dilihat oleh mata. Dengan demikian, saya lebih suka mengambil gambar dengan mode manual di smartphone ini.

Nilai plusnya, kamera pada Mi Mix 2 bisa menangkap detail objek dengan sangat baik. Tone warnanya juga terlihat sangat bagus apalagi jika Anda menggunakannya sebagai kamera outdoor. Sayang resolusi kamera depannya tergolong kecil dan performanya kurang baik di keadaan low light.

Performa Juara
Saya juga sudah sempat memberikan bocoran performa Mi Mix 2 setelah menerima sampel unit di acara peluncurannya. Ditenagai SoC Qualcomm Snapdragon 835 yang merupakan salah satu SoC paling kencang serta didukung oleh RAM 6GB, smartphone ini sudah dipastikan memiliki performa yang sangat kencang. Jika tidak percaya, berikut adalah hasil pengujian performa Mi Mix 2 dibandingkan dengan smartphone lainnya:

Sementara untuk performa baterainya, Mi Mix 2 cukup mengejutkan. Meski hanya memiliki daya 3.400 mAh, Mi Mix 2 mampu bertahan cukup lama, yaitu hingga 13 jam 8 menit menggunakan pengujian baterai di PCMark.

Salah satu aspek lain yang patut diperhitungkan di smartphone ini adalah ruang penyimpanan datanya. Unit sampel yang saya gunakan saat ini adalah yang memiliki penyimpanan internal 256GB. Mi Mix 2 memang tidak punya opsi penyimpanan eksternal, namun karena peyimpanan internalnya sudah sangat besar, saya rasa penyimpanan eksternal tidak akan begitu berguna.

Mi Mix 2 Layak Dimiliki?
Melihat performanya yang sangat kencang dan berbagai aspek lainnya, Mi Mix 2 memang cukup menggiurkan. Apalagi dengan harganya yang hanya dipatok di kisaran Rp8 juta. Namun, jangan lupa smartphone ini masih memiliki berbagai kekurangan seperti yang telah dijabarkan sebelumnya. Bahkan kameranya masih tergolong standar bagi saya, terlepas dari kualitas jepretannya jauh lebih baik dari Mi Mix pertama.

Kekurangan utama pada smartphone ini bukan dari spesifikasi atau desainnya, melainkan ketersediaannya. Ya, Anda perlu terbang ke Tiongkok untuk membeli Mi Mix 2. Selain itu, Anda juga bakal direpotkan karena kemungkinan besar Anda akan menerima smartphone Mi Mix 2 dengan ROM versi Tiongkok yang tidak dirancang untuk terhubung dengan layanan Google.

Xiaomi Mi Mix 2
Prosesor Qualcomm Snapdragon 835 @2,46GHz
RAM 6GB
OS Android 7.1.1 + MIUI 9
GPU Adreno 540
Memori Internal 64GB / 128GB / 256GB
Kamera : Depan 5MP, Belakang 12MP
Baterai : 3.300 mAh
Layar IPS LCD 5,99 inci (1080 x 2160 pixel)
Harga Mulai dari RMB3.299 (Rp6,6 juta)  
Xiaomi Mi Mix 2
8,8

-Desain bezel-less yang sangat unik
-Performa sangat kencang
-Penyimpanan internal besar
-Daya tahan baterai cukup kuat
-Desain tidak seelegan dan eksklusif pendahulunya
-Tidak ada port audio
-Tidak tersedia secara resmi di Indonesia. (ut)
Komentar ...
News Update
  • TNI AD Kembali Harumkan Indonesia di Kejuaraan AARM ASEAN

    OLAH RAGA | 25 November 2017 | 07:45 WIBJakarta - TNI Angkatan Darat (AD) kembali mengharumkan Indonesia yang ke 12 kalinya dalam ajang kejuaraan menembak di Tingkat Asean Aries Riffle meet (AARM) ke 27. Kehadiran 62 personil Kontingen
  • 17 Juta WNI Belum Punya e- KTP Akibat Kasus Korupsinya

    FOKUS PERISTIWA | 24 November 2017 | 08:10 WIBJakarta - Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mencatat ada 17 juta warga negara Indonesia yang belum mempunyai KTP-el. Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh mengakui
  • Motivasi Pangkostrad Kepada Pelajar Al-Azhar

    GAYAHIDUP | 24 November 2017 | 08:03 WIBJakarta - Panglima Kostrad  Letjen TNI Edy Rahmayadi memberikan kuliah umum kepada sekitar 700 an mahasiswa dan pelajar Perguruan Islam Al Azhar yang bertema "Menyatukan Tekad untuk Bela Negara"
  • Demo Ojek Online Minta Area Khusus Menunggu Penumpang

    MEGAPOLITAN | 23 November 2017 | 08:55 WIBJakarta - Sopir Ojek Online meminta aplikator menyedikan area di sejumlah tempat strategis untuk menunggu penumpang. Hal itu guna menghindari beredarnya ojek online di pinggir jalan. "Seharusnya