BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BERITA NUSANTARA Like Like Like Like
Senin | 11 September 2017 | 10:03:04 WIB

TEKNOLOGI

Telkom Harus Segera Tuntaskan Perbaikan Gangguan karena Satelit

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Telkom Harus Segera Tuntaskan Perbaikan Gangguan karena Satelit
BERITANUSANTARA.com,- Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan pemulihan konektivitas sebanyak 14.689 sites dari total 15.019 sites layanan pelanggan Satelit Telkom 1 pada Minggu, 10 September 2017 malam. Sehingga sebanyak 98 persen layanan konektivitas pelanggan telah berfungsi normal.

Telkom optimistis akan tuntas 100 persen. Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian tersebut.

"Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa upaya kami dalam memulihkan seluruh layanan pelanggan yang terkena dampak anomali Satelit Telkom 1 sesuai dengan komitmen. Kami optimis malam ini seluruh konektivitas site dapat kembali pulih," ungkap Alex di Jakarta, Minggu 10 September 2017.

Alex melanjutkan, service recovery ini dapat dituntaskan berkat dukungan dari berbagai pihak, antara lain manajemen Telkom, Kementerian BUMN RI, Kementerian Kominfo RI, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), para pelanggan, dan mitra bisnis.

"Dan tentunya, secara khusus saya ingin menyampaikan apresiasi kepada 2.195 petugas yang selalu siaga dan bekerja keras selama 7 x 24 jam,” tegas Alex.

Penyelesaian pemulihan layanan yang dilakukan Telkom berjalan dengan lancar atas kerjasama dengan pelanggan. Beberapa di antaranya, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI, telah memberikan pernyataan resmi atas pulihnya layanan yang terdampak gangguan Satelit Telkom 1.

Sementara itu, hasil koordinasi antara Telkom dengan Manajemen Bank BCA menyimpulkan sistem konektivitas untuk layanan ATM telah pulih secara keseluruhan. Beberapa aspek operasional masih berlangsung untuk memastikan seluruh mesin ATM berfungsi normal seperti sedia kala.

Dari total 15.019 sites layanan pelanggan, terdapat sebanyak 11.574 sites layanan ATM dan 3.445 layanan non-ATM. Untuk mempercepat recovery sejumlah sites yang mengalami kendala pada saat proses repointing antena, Telkom menggunakan solusi sementara dengan dua teknologi alternatif, yaitu sebesar 5 persen sites menggunakan jaringan fiber optik dan 14 persen sites menggunakan sistem machine to machine (M2M).

Mekanisme pemulihan dilaksanakan oleh para petugas di seluruh Indonesia berdasarkan target yang telah ditetapkan Crisis Center Nasional. Dengan adanya sistem pemulihan yang terstruktur ini, seluruh proses recovery terorganisir dengan baik dan terkawal ketat. (dn)
Komentar ...
News Update
  • TNI AD Kembali Harumkan Indonesia di Kejuaraan AARM ASEAN

    OLAH RAGA | 25 November 2017 | 07:45 WIBJakarta - TNI Angkatan Darat (AD) kembali mengharumkan Indonesia yang ke 12 kalinya dalam ajang kejuaraan menembak di Tingkat Asean Aries Riffle meet (AARM) ke 27. Kehadiran 62 personil Kontingen
  • 17 Juta WNI Belum Punya e- KTP Akibat Kasus Korupsinya

    FOKUS PERISTIWA | 24 November 2017 | 08:10 WIBJakarta - Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mencatat ada 17 juta warga negara Indonesia yang belum mempunyai KTP-el. Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh mengakui
  • Motivasi Pangkostrad Kepada Pelajar Al-Azhar

    GAYAHIDUP | 24 November 2017 | 08:03 WIBJakarta - Panglima Kostrad  Letjen TNI Edy Rahmayadi memberikan kuliah umum kepada sekitar 700 an mahasiswa dan pelajar Perguruan Islam Al Azhar yang bertema "Menyatukan Tekad untuk Bela Negara"
  • Demo Ojek Online Minta Area Khusus Menunggu Penumpang

    MEGAPOLITAN | 23 November 2017 | 08:55 WIBJakarta - Sopir Ojek Online meminta aplikator menyedikan area di sejumlah tempat strategis untuk menunggu penumpang. Hal itu guna menghindari beredarnya ojek online di pinggir jalan. "Seharusnya