BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BERITA NUSANTARA Like Like Like Like
Jumat | 14 Juli 2017 | 09:12:57 WIB

FOKUS PERISTIWA

Kelakuan Turis Dari Tiongkok, Pura-pura Mancing untuk Cari Lokasi Daratkan 1 Ton Sabu

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Kelakuan Turis Dari Tiongkok, Pura-pura Mancing untuk Cari Lokasi Daratkan 1 Ton Sabu
BERITANUSANTARA.com,- Para penyelundup 1 ton narkoba jenis sabu ke Indonesia berpura-pura sebagai turis. Mereka masuk ke Indonesia menggunakan visa kunjungan.

Saat berada di kawasan Anyer, Serang, pelaku juga diduga berpura-pura memancing sambil mencari lokasi yang tepat untuk mendaratkan sabu dari laut.

"Berkedok turis, (visa) kunjungan, pura-pura mancing, (sudah) sebulan di Indonesia," kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 13 Juli 2017.

Iriawan belum bisa memastikan, apakah para pelaku pernah juga menyelundupkan sabu sebelumnya. Hal itu masih jadi bahan penyidikan kepolisian.

Polisi juga masih mendalami apa ada keterlibatan warga Indonesia dalam kelompok penyelundup barang haram ini.

"Justru itu yang menarik akan kita dalami kok bisa dia hapal tempat itu kemudian mobil disiapkan dari mana, kita akan kembangkan," ucap Mantan Kadiv Propam Polri itu.

Empat warga Taiwan coba menyelundupan 1 ton sabu dari Tiongkok ke Indonesia. Mereka yakni Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, Liao Guan Yu, dan Hsu Yung Li.

Namun, upaya itu berhasil digagalkan aparat gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polres Depok. Penggerebekan dilakukan di Dermaga eks Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis 13 Juli 2017 dini hari.

Penyergapan bermula dari informasi kepolisian Taiwan yang menyebut bakal ada pengiriman narkoba jenis sabu dari Tiongkok ke Indonesia. Tim lalu menyelidikinya selama dua bulan terakhir.

Tiga pelaku dibekuk dalam penggerebekan, yakni Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, dan Liao Guan Yu. Ketiganya merupakan warga negara Taiwan.

Lin Ming Hui tewas ditembak karena melawan dan membahayakan petugas saat penggerebekan. Ia merupakan bos alias pengendali penyelundupan 1 ton sabu ke Indonesia. Sedangkan, Hsu Yung Li masih buron.

Dari tangan pelaku, polisi menyita total 51 kotak berisi sabu. Sebanyak 27 kotak di mobil Toyota Innova gold, dan 24 kotak di mobil Toyota Innova hitam. Setiap kotak berisi sekitar 20 kilogram sabu. (yd)
Komentar ...
News Update
  • TNI AD Kembali Harumkan Indonesia di Kejuaraan AARM ASEAN

    OLAH RAGA | 25 November 2017 | 07:45 WIBJakarta - TNI Angkatan Darat (AD) kembali mengharumkan Indonesia yang ke 12 kalinya dalam ajang kejuaraan menembak di Tingkat Asean Aries Riffle meet (AARM) ke 27. Kehadiran 62 personil Kontingen
  • 17 Juta WNI Belum Punya e- KTP Akibat Kasus Korupsinya

    FOKUS PERISTIWA | 24 November 2017 | 08:10 WIBJakarta - Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri mencatat ada 17 juta warga negara Indonesia yang belum mempunyai KTP-el. Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh mengakui
  • Motivasi Pangkostrad Kepada Pelajar Al-Azhar

    GAYAHIDUP | 24 November 2017 | 08:03 WIBJakarta - Panglima Kostrad  Letjen TNI Edy Rahmayadi memberikan kuliah umum kepada sekitar 700 an mahasiswa dan pelajar Perguruan Islam Al Azhar yang bertema "Menyatukan Tekad untuk Bela Negara"
  • Demo Ojek Online Minta Area Khusus Menunggu Penumpang

    MEGAPOLITAN | 23 November 2017 | 08:55 WIBJakarta - Sopir Ojek Online meminta aplikator menyedikan area di sejumlah tempat strategis untuk menunggu penumpang. Hal itu guna menghindari beredarnya ojek online di pinggir jalan. "Seharusnya