BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BERITA NUSANTARA Like Like Like Like
Rabu | 12 Juli 2017 | 09:10:02 WIB

NASIONAL

Gerindra Heran Pemerintah Bersikeras Ambang Batas Presiden 20 Persen

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Gerindra Heran Pemerintah Bersikeras Ambang Batas Presiden 20 Persen
BERITANUSANTARA.com,- Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria mengaku heran dengan pemerintah yang tak mau turun dari 20 persen, terkait pembahasan ambang batas presiden. Padahal kata Riza, pemerintah tak punya kewenangan.

"Agak heran saya pribadi kok pemerintah yang ngotot dan sebetulnya di undang-undang sudah diatur yang punya kewenangan masalah ini adalah siapa," kata Riza dalam diskusi di Media Center DPR, Jakarta Pusat, Selasa 11 Juli 2017.

Riza menegaskan, kewenangan mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden ada di tangan partai politik atau gabungan partai politik "Bukan pemeritah," tegas Riza.

Pemerintah kata Riza sebagai eksekutif tidak punya hak dan kewenangan dalam menentukan ambang batas presiden sendirian. Dia berharap, pemerintah memberikan keleluasaan pada fraksi di DPR untuk menentukan ambang batas presiden.

Yang terpenting kata dia, lantaran pada 2019 dilakukan Pemilu serentak maka tidak diperlukan lagi ambang batas. Ini kata dia sudah disampaikan oleh banyak pakar.

"Kalau ada presidential threshold, inkonstitusional dan sebagainya dan sebagainya," tandas dia. (yd)
Komentar ...
News Update